Cara Unik Guru SD di Kawali Ciamis Ajarkan Sejarah

Guru SD di Kawali
Siswa SDN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat diajak nonton film perjuangan untuk meneladani para pahlawan, Kamis, (22/8/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Guru SD di Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memiliki cara unik untuk mengajarkan sejarah kepada para anak didiknya.

Seperti yang dilakukan guru di SDN 1 Kawali yang mengajak para siswa nonton bareng film perjuangan untuk mengenang dan menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam perang merebut kemerdekaan, Kamis (22/8/2019).

Iskandar, salah seorang guru SD di Kawali, mengatakan, tujuan dari nonton bareng film perjuangan ini adalah agar cerita tokoh dan peristiwa penting perjuangan bangsa Indonesia hingga merdeka saat ini bisa dipahami oleh semua Siswa.

“Nantinya, siswa memahami kemerdekaan yang kita rasakan ini bukan pemberian dari penjajah, akan tetapi hasil perjuangan hingga tetes darah penghabisan,” tegas Iskandar.

Iskandar, menjelaskan, untuk lebih mencintai NKRI dan bisa menghargai jasa para pahlawan, para siswa diajak menonton salah satu film perjuangan yang berjudul ‘Pasukan Berani Mati’.

“Pasukan Berani Mati ini dipilih alasannya, pertama karena merupakan film Perjuangan Indonesia yang mengisahkan tentang orang-orang yang berani dan rela mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan melawan penjajah,” katanya.

Lanjut Iskandar, dalam cerita film memang ditampilkan juga beberapa penduduk yang berhianat membocorkan straregi perang pada penjajah.

“Hal yang paling seru dalam film Pasukan Berani Mati, dimulai ketika kapten Bondan sebagai peminpin batalion meninggal saat melawan penjajah. sehingga Pasukan Berani Mati hanya enam orang. Namun, dengan keberanian yang dimilikinya berhasil menyerang markas Belanda,” tuturnya.

Dari pantauan HR Online, para siswa terlihat antusias menonton film tersebut. Hal itu karena cara unik belajar sejarah dengan menonton film ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Sehingga siswa selain menikmati film yang diputar juga bisa mengambil pelajaran dari film yang ditontonnya. (Edji/R7/HR-Online)