Cek Plagiat Artikel Anda di Situs Ini, Gratis Kok

Cek Plagiat Artikel Anda
Ilustrasi Cek Plagiat. Foto : net/ist

Cek plagiat atau plagiarisme sangat dibutuhkan bukan saja oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir alias skripsi, namun juga oleh para pembuat jasa artikel.

Pasalnya, teks dari skripsi atau artikel itu harus bebas dari “jiplakan”, yang sudah dipublikasikan oleh orang lain sebelumnya, baik di tayangkan di website atau lainnya.

Sementara plagiat alias jiplakan merupakan sesuatu yang “haram” dilakukan. Sehingga jika mahasiswa ketahuan mencomot hasil karya orang lain, maka tidak salah jika tidak akan lulus.

Begitu juga dengan para pembuat jasa artikel atau sejenisnya, yang sama halnya dengan mahasiswa. Dan jika itu dilakukan tentu akan sangat merugikan.

Untuk itu, sebelum mempublikasikan hasil karya artikel atau skripsi, lebih baik periksa terlebih dulu dengan memakai cek plagiat via website yang banyak di internet.

Daftar Situs Untuk Cek Plagiat

CEK PLAGIAT DI EDUBIRDIE

Cek plagiat yang pertama adalah edubirdie. Situs anti jiplak ini sangat direkomendasikan oleh HR Online, karena tak perlu registrasi/mendaftar terlebih dulu.

Selain itu, saat menggunakan situs ini sangat mudah alias tidak ribet. Serta, setelah dilakukan pemeriksaan, maka akan keluar persentase keunikan/orisinal dari tulisan.

Bukan hanya itu, jika ada kata atau teks yang serupa dengan hasil orang lain, maka akan dicantumkan sumber atau link yang hampir sama dengan artikel tersebut.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal copy artikel, kemudian di-paste-kan ke kolom yang sudah ada di situs tersebut. Setelah itu tinggal di cek keaslian tulisannya.

Keunggulan dari Edubirdie ini adalah bisa mengecek keaslian atau kualitas artikel yang berasal dari konten website, essay, resume dan lain sebagainya.

PLAGIARISM CHECKER

Cek plagiat selanjutnya adalah Smallseotools atau nama lainnya Plagiarism Checker. Situs mengecek plagiat ini paling sering dipakai oleh banyak orang.

Karena, Smallseotools ini dalam proses dan tahap-tahap pengecekan tulisan atau artikel apakah orisinal atau hasil jiplakan ini sangat mudah alias tidak ribet.

Keunggulan dari situs anti jiplak ini adalah bisa memeriksa kualitas tulisan sampai 5 ribu karakter. Sehingga tidak salah jika Smallseotools digemari banyak orang, selain juga gratis.

CEK PLAGIAT DI COPYLEAKS

Situs anti plagiat ini menggunakan platform dengan basis Cloud. Selain “melayani” perseorangan atau pribadi, Copyleaks juga mempunyai pilihan untuk edukasi serta bisnis.

Di situs cek plagiat ini, Anda dapat mengecek artikel atau konten dalam segala format. Namun yang disayangkan adalah versi gratisnya hanya bisa mengecek sampai 10 halaman.

Dari beberapa testimoni yang menggunakan aplikasi ini, ada yang mengatakan bahwa Copyleaks memberikan analisis yang cepat dan terperinci ketika mengecek sebuah artikel.

Ada juga yang mengatakan, sangat mudah digunakan, hasilnya cepat dan bisa melakukan fungsinya dengan benar. Dan yang membedakan Copyleaks adalah tingkat akurasi.

Sama seperti Edubirdie, di situs Copyleaks juga akan memberikan referensi link atau website yang hampir sama dengan tulisan atau artikel Anda.

PLAGIARISMA

Setidaknya ada sekitar lebih dari 190 bahasa di seluruh dunia yang bisa di cek plagiat suatu artikel di situs ini, termasuk bahasa Indonesia.

Selain itu, situs ini bisa membaca segala format tulisan, seperti html, txt, doc, rtf, xls, pdf, sampai pdb, sehingga Anda tidak usah merubah format artikelnya.

Alat atau situs ini dapat memeriksa artikel atau sejenisnya dengan menyeluruh, akurat dan cepat. Sehingga bisa menjauhkan Anda dari menjiplak atau copyright.

COPYSCAPE

Website Copyscape dapat memeriksa tulisan atau artikel Anda dengan gratis alias tak perlu bayar. Namun apabila mau bayar, maka Anda akan mendapatkan fitur-fitur premium.

Bukan hanya memiliki kemampuan cek plagiat saja, di situs ini Anda juga akan diberikan layanan proteksi website atau blog Anda dari copyright.

Sehingga, Anda bakal dikirim notifikasi via email setiap ada website atau sejenisnya yang memiliki tulisan hampir sama dengan yang ada di situs Anda.

Alhasil, dengan cek plagiat ini, maka Anda dapat melaporkan jika ada situs yang tulisannya sama dengan tidak menyertakan sumber referensinya. (Adi/R5/HR-Online)