Dadang Kalyubi Pimpin Sementara DPRD Kota Banjar

Ketua DPRD Kota Banjar
Anggota DPRD Kota Banjar masa jabatan 2019-2024. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar, melaksanakan Rapat Paripurna pengucapan sumpah janji Anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 di ruang rapat Gedung DPRD Kota Banjar, Senin (05/08/2019).

Dalam agenda pengucapan sumpah janji yang dilakukan Pengadilan Negeri Kota Banjar terhadap 30 anggota DPRD yang baru ini, disaksikan oleh Walikota Banjar, Kapolres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, Subdenpom, Wakil Bupati Ciamis, tokoh peningkatan status Kota Banjar, partai politik, penyelenggara pemilu, serta berbagai lapisan masyarakat Kota Banjar.

Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu berjalan dengan baik. Bahkan, warga Kota Banjar menunjukkan kedewasaannya dalam menyikapi perbedaan pilihan dalam  Pemilu. Sehingga, proses pesta demokrasi di Kota Banjar bisa berjalan lancar dan kondusif.

“Kami juga mengapresiasi penyelenggara Pemilu, baik KPU, Bawaslu, serta aparat keamanan dari Polisi, TNI, Satpol PP dan lainnya dalam menyukseskan Pemilu 2019. Mewakili anggota DPRD masa jabatan 2014-2019, kami juga menyampaikan kepada semua pihak yang telah bersama kami untuk bersama-sama memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata Dadang dalam sambutannya.

Ia juga mengatakan, bahwa anggota DPRD telah bekerja sekuat tenaga dan pikiran, serta profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Meski masih terdapat kekurangan, ia berharap menjadi bahan evaluasi bersama agar ke depan bisa lebih baik lagi.

Pada kesempatan itu Dadang menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu yang telah melaksanakan berbagai tahapan pelaksanaan Pemilu sesuai prosedur. Ia harap kepada anggota DPRD yang baru tidak lagi membeda-bedakan soal pilihan maupun partai. Pasalnya, saat ini mereka sudah dalam satu naungan sebagai wakil rakyat.

“Semoga ke depan kita bersama-sama dalam memperjuangkan kemajuan daerah bisa lebih baik lagi,” harap Dadang.

Dalam agenda Rapat Paripurna yang dilaksanakan secara terbuka ini, pimpinan DPRD Kota Banjar sementara masih dipegang Dadang R Kalyubi dari Partai Golkar, dan Wakil Ketua DPRD oleh Tri Pamuji Rudianto dari PDI-Perjuangan.

Sementara itu, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, yang membacakan pidato Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menyampaikan, DPRD mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar. Di depan sudah banyak pekerjaan yang belum selesai, sehingga anggota dewan yang baru harus bekerja dengan maksimal demi memajukan daerah.

“Melalui fungsi DPRD, yakni fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan, diharapkan bisa bekerjasama dengan eksekutif dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” katanya.

Selain itu, lanjut Ade Uu, guna memaksimalkan waktu untuk berkarya dan berdialog dengan rakyat, Gubernur Jabar meminta agar anggota DPRD diharapkan memaksimalkan berbagai media untuk menyampaikan berbagai hal kepada masyarakat, baik media massa, media social, dan lainnya.

“Dengan melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah, diharapkan terjadi adanya perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Selamat bekerja dan semoga amanah,” pungkasnya. (adv)