Damkar Ciamis Tabrak Pemotor Hingga Tewas, Petugas Mengaku Sudah Jalankan SOP

Damkar Ciamis Tabrak Pemotor Hingga Tewas
Motor Vario dan Honda Astrea yang ditabrak Damkar Ciamis di Jalan Cimaragas, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Kamis (29/8/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Peristiwa tewasnya Abdul Gofar (47), warga Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran akibat tertabrak Damkar Ciamis ditanggapi Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran Satpol PP Ciamis, Jujun.

Jujun menyebut, petugasnya sudah melakukan penanganan kebakaran sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Termasuk ketika sedang dalam perjalanan menuju lokasi kebakaran di Dusun Goler, Desa/Kecamatan Cimaragas.

”Tadi pagi kami mendapatkan laporan mengenai kebakaran di lahan kosong bekas pembuangan limbah sabut kelapa di Dusun Goler, Kecamatan Cimaragas, sehingga petugas bergegas berangkat untuk memadamkan api,” katanya.

Menurut Jujun, perjalanan Damkar menuju lokasi kebakaran sudah sesuai SOP, diantaranya armada sepanjang jalan membunyikan sirine dan terdapat petugas pengawal menggunakan sepeda motor.

“Kami telah berupaya memfasilitasi kelancaran armada kami, pertama kami sudah melakukan pengawalan motor oleh petugas mulai dari markas, petugas pengawal bertugas memberikan imbauan kepada para pengguna jalan yang kami lewati,” katanya.  

Terkait Damkar Ciamis tabrak pemotor hingga tewas, Jujun menyebut terjadi senggolan terlebih dahulu motor dengan motor, salah satu korban kemudian terlempar ke armada mobil Damkar Ciamis.

“Dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan dari personil kami, bahwa kejadian tabrakan tersebut awalnya bukan Damkar secara langsung menabrak, melainkan senggolan motor dengan motor lebih dulu,” terangnya.

Lanjut Junjun, akibat dari benturan motor dengan motor tersebut, salah satu motor terlempar ke pinggir jalan, sementara motor yang satu lagi menabrak badan armada Damkar.

“Sudah ada motor pengawal yang memberikan imbauan kepada pengendara umum, baik roda dua maupun roda empat untuk berhati-hati, jadi tidak sekedar menggunakan sirine, melainkan kami berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan himbauan kepada mereka,” tuturnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, petugas Damkar Ciamis mengantarkan jenazah korban ke rumah duka di Langkaplancar, Pangandaran dengan ambulance.

Kepolisian Sebut Damkar Ciamis Tabrak Pemotor Hingga Tewas

Hal berbeda diungkap Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Bima Gunawan Jauharie S.IK yang menyebut mobil Damkar Ciamis bertabrakan dengan dua motor.

Bima membenarkan pihaknya mendapatkan laporan mengenai kecelakan di Jalan Raya Cimaragas – Cijeungjing, Dusun Cimengger RT 05 RW 13, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Bima menyebut dari hasil pemeriksaan saksi dan kronologis kejadian, Damkar yang dikemudikan Hendra Gunawan datang dari arah Cijeungjing menuju Cimaragas.

“Sesampainya di tempat kejadian mengambil jalur jalan kanan dan bertabrakan dengan sepeda motor Yamaha Mio yang dikendarai saudara Tria Agustina dan  sepeda motor Honda Astrea yang dikendarai oleh saudara abdul Gofar yang datang dari arah berlawanan,” terangnya.

Menurut Bima, kedua pengendara sepeda motor mengalami luka-luka, Abdul Gofar juga dievakuasi ke RSUD Ciamis.

“Namun, korban meninggal dunia sewaktu dalam perawatan medis,” katanya. (Fahmi/R7/HR-Online)