Dapat Bantuan Air Bersih, Warga Kertaharja Ciamis Sumringah

Warga Cijeungjing Ciamis
Bantuan air bersih dikirim ke warga di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Senin (5/8/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Warga Dusun/Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sumringah ketika satu mobil tangki berisi air bersih 4.000 liter datang ke pemukiman warga.

Air bersih yang ada di dalam mobil tangki itu adalah bantuan sosial dari PWI Ciamis, HMI Cabang Ciamis, BJB dan PDAM Tirta Galuh Ciamis.

Puluhan warga membawa ember dan wadah lainnya untuk menampung air bersih yang dibagikan kepada masyarakat. Di Desa Kertaharja, bantuan air bersih dibagikan ke dua lokasi.

Ketua RW 03 Dusun/Desa Kertaharja, Yayat, mengakui, warganya sudah kesulitan air bersih sejak dua bulan lalu.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa pergi ke sungai Cibuyut yang jaraknya sekitar 300 meter dari pemukiman warga.

“Di sungai Cibuyut warga membuat sumur-sumur, nah dari sana warga mengambil air untuk kebutuhan di rumah,” ucapnya.

Kata Yayat, selama ini warga memanfaatkan sumur galian sebagai sumber mata air kehidupan. Namun kemarau tiga bulan membuat sumur gali milik warga mengering.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan bantuan air bersih ini. “Semoga bisa berlanjut, karena memang di sini darurat air bersih,” ungkap Yayat.

Kepala Desa Kertaharja, Aan Taufiqurahman, menyebut, hampir semua dusun di Desa Kertaharja kesulitan air bersih. Ada lima dusun di Desa Kertaharja yang tercatat mengalami kesulitan air bersih, yakni Dusun Desa, Desa Kolot, Sarayuda, Cilemor dan Cintaharja.

“Rata-rata di tiap dusun, 50 persen warganya kesulitan air bersih, dengan bantuan ini mudah-mudahan bisa meringankan beban warga yang kesulitan air bersih,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Ciamis bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ciamis menggandeng PDAM Tirta Galuh Ciamis, mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah yang mengalami kesulitan air bersih Senin (5/8/2019).

“Berangkat dari kepedulian insan pers bersama aktivis HMI tentang kondisi masyarakat yang kekurangan air bersih, kami menggandeng PDAM Tirta Galuh Ciamis untuk mendistribusikan air bersih ke wilayah yang mengalami kesulitan air bersih,” ujar Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani.

Kata dia, banyak wilayah di Kabupaten Ciamis yang kekurangan air bersih sejak kemarau bulan Mei lalu.

“Kita distribusikan dulu ke dua desa yakni Kertaharja Kecamatan Cijeungjing dan Desa Cimaragas,” ucapnya.

Kepala Bidang lingkungan hidup, HMI Cabang Ciamis, Ihdal Husnayaen menyebut, berdasarkan pendataan di lapangan yang dilakukan bidang LH HMI, ada beberapa wilayah yang mengalami kesulitan air bersih.

Diantaranya desa Kertaharja kecamatan Cijeungjing, Desa Cimaragas dan Jayaraksa Kecamatan Cimaragas, Desa Cidolog dan Janggala Kecamatan Cidolog, Kelurahan Benteng dan Desa Pawindan Kecamatan Ciamis.

“Ke depan kita akan terus lakukan pemantauan ke daerah yang rawan kekeringan, karena kemarau diprediksi panjang dan dipastikan wilayah kekeringan akan bertambah,” ucapnya, seraya berterimakasih¬† kepada PDAM Tirta Galuh Ciamis, karena bisa membantu kegiatan baksos penyaluran air bersih ini. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...