Dishub Ciamis Diminta Tindak Tegas Sopir yang “Ngetem” di Terminal Bayangan

terminal bayangan
Lokasi yang dijadikan terminal bayangan oleh sopir angkutan umum, tepatnya di perempatan Pasar Ciamis depan toko Netral. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Forum Masyarakat Independen Ciamis (Formis), meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menindak tegas sopir angkutan umum yang kerap “ngetem” di terminal bayangan, tepatnya di perempatan Pasar Ciamis depan toko Netral. 

Koordonator Formis, Hilman menyebut kehadiran terminal bayangan tersebut membuat  lalu lintas di jalan itu tidak teratur.

“Dengan adanya terminal bayangan membuat lalu lintas jadi semrawut, bahkan sekarang plang himbauan untuk angkutan umum sudah tidak ada. Kami minta Dishub Ciamis lebih tegas,” ujarnya belum lama ini. 

Formis pun sudah mengadukan permasalahan ini ke Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis. Kata dia, surat aduan ini murni dari suara masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang merasa lalu lintas di Pasar Manis Ciamis acak-acakan. 

Padahal keindahan dan kenyamanan berkendara di jalan raya adalah milik semua warga Ciamis. “Kita ingin Ciamis yang lebih baik lagi, yang dimulai dari hal-hal kecil seperti tertibnya lalu lintas di jalan raya,” ungkapnya. 

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Endang Sutrisna menegaskan, pihaknya akan menindak tegas angkutan umum yang masih menaik-turunkan penumpang di terminal bayangan atau tepatnya di perempatan Pasar Manis Ciamis.

“Sejak bulan puasa kemarin, Dishub sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor (Polres) Ciamis untuk memberikan tilang kepada angkutan umum yang berhenti di terminal bayangan tersebut,” jelasnya. 

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat Ciamis untuk bersama-sama ikut mengingatkan para pengemudi angkutan umum, supaya lebih patuh terhadap peraturan lalu-lintas. 

“Kami juga minta sekiranya rekan-rekan juga bisa ikut support dengan mengajak warga agar patuh aturan dan rambu lalu lintas,” katanya. (Jujang/R2/HR-Online)