Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisDitinggal Keluar, Rumah Warga Ciamis Ludes Terbakar

Ditinggal Keluar, Rumah Warga Ciamis Ludes Terbakar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah warga Ciamis yang bernama Usup di Dusun Wetan, RT 05 RW 02, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dikabarkan ludes terbakar sekitar pukul 14.30 WIB, Jum’at (2/8/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tidak ada korban dalam kejadian ini lantaran pemilik rumah sedang tidak ada di rumah. Meski begitu, tidak ada barang yang bisa diselamatkan dari kejadian ini.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis, Ani Supiani, kejadian tersebut diduga berasal dari tungku api di dapur. 

“Api berasal dari tungku api yang lupa dimatikan setelah memasak. Diduga api merambat ke kayu bakar dan merambat ke rumah, hingga membakar dan menghanguskan seluruh isinya,” ujar Ani Supiani kepada HR Online.

Saat terjadi kebakaran, warga setempat bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya. Namun karena rumah Usup berbahan kayu dan bilik, api sangat cepat merembet dan dengan cepat menghanguskan rumah. 

“Kerugian dari peristiwa ini ditaksir mencapai Rp 20 jutaan,” katanya. 

Mendapat laporan kebakaran, lanjut Ani, BPBD Ciamis mengerahkan petugas URC Pusdalops PB BPBD Ciamis untuk melakukan assesment dan pendataan. Pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. 

“Selain itu kami memberikan bantuan berupa logistik seperti paket sembako, terpal, lauk pauk tambahan gizi siap saji peralatan sekolah, air mineral, mie instan, peralatan makanan dan baju layak pakai,” ucapnya. 

Ani mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan segala hal yang memicu musibah kebakaran. Apalagi saat ini musim kemarau. “Kalau habis masak pakai tungku jangan lupa dimatikan sampai benar benar padam, di rumah colokan listrik harus tertib usahakan pakai kabel SNI agar tidak terjadi konsleting listrik,” tandasnya. (Jujang/R6/HR-Online)

- Advertisment -