Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisDua Desa di Ciamis dapat Bantuan Air Bersih dari PWI dan HMI

Dua Desa di Ciamis dapat Bantuan Air Bersih dari PWI dan HMI

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dua desa di Kabupaten Ciamis mendapat bantuan air bersih dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Ciamis, Senin (05/08/2019).

Dua desa yang mendapatkan bantuan air bersih itu adalah Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, dan Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas. Dalam pendistribusiannya, HMI dan PWI menggandeng PDAM Tirta Galuh Ciamis.

“Berangkat dari kepedulian insan pers bersama aktivis HMI tentang kondisi masyarakat yang kekurangan air bersih, kami menggandeng PDAM Tirta Galuh Ciamis untuk mendistribusikan air bersih ke wilayah yang mengalami kesulitan air,” ujar Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani.

Dia menyebutkan, sejak musim kemarau bulan Mei lalu, banyak wilayah di Kabupaten Ciamis yang mengalami kekurangan air bersih. “Untuk kali ini, kita distribusikan dulu ke dua desa, yakni Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, dan Desa Cimaragas,” kata Deni.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup HMI Cabang Ciamis, Ihdal Husnayaen, menambahkan, berdasarkan pendataan di lapangan yang dilakukan bidang LG HMI, ada beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis yang mengalami kesulitan air bersih.

Beberapa wilayah itu diantaranya Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing , Desa Cimaragas dan Jayaraksa, Kecamatan Cimaragas, Desa Cidolog dan Janggala, Kecamatan Cidolog, serta Kelurahan Benteng dan Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis.

“Kedepan kita akan terus lakukan pemantauan ke daerah yang rawan kekeringan, karena kemarau diprediksi panjang dan dipastikan wilayah kekeringan akan bertambah,” kata Ihdal.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada PDAM Tirta Galuh Ciamis yang telah membantu kegiatan bhakti sosial penyaluran air bersih.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Cece Hidayat, mengapresiasi upaya PWI dan HMI Ciamis yang berinisiasi membantu kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah terdampak kekeringan saat musim kemarau.

“Ini bentuk sinergitas yang baik dalam upaya membantu kesulitan masyarakat, yakni kesulitan air bersih,” ujarnya.

Menurut Cece, pendistribusian air bersih untuk masyarakat memang bukan hal baru bagi PDAM Tirta Galuh Ciamis. Pihaknya bekerjasama dengan BPBD Ciamis menyuplai daerah kekeringan sejak Juni 2019 lalu.

“PDAM Tirta Galuh Ciamis sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah Ciamis, tentu berkewajiban membantu masyarakat Ciamis yang membutuhkan, dalam hal ini kebutuhan air bersih,” kata Cece.

Selama musim kemarau ini, PDAM Tirta Galuh Ciamis menargetkan akan mendistribusikan sekitar 50.000 liter air bersih kepada masyarakat. (Jujang/R3/HR-Online)

- Advertisment -