Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisGempa Banten 2019, Belum Ada Laporan Kerusakan di Ciamis

Gempa Banten 2019, Belum Ada Laporan Kerusakan di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Gempa Banten 2019 berkekuatan 6,9 SR mengguncang beberapa daerah, Jumat (2/8/2019) malam, tepatnya pada pukul 19.03 WIB, seperti yang dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Ciamis.

Di Ciamis, warga merasakan gempa sekitar 20 detikan. Sejumlah warga pun berhamburan ke luar rumah untuk mencari lahan terbuka.

Namun, berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis akibat gempa Banten 2019 ini, belum ada laporan kerusakan, baik rumah ambruk atau retak hingga saat ini.

“Belum ada laporan, mudah-mudahan tidak ada kerusakan akibat gempa ini,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani.

Sementara itu, warga Dusun Babakan, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Wily (26) mengaku kaget dengan gempa yang cukup lama terjadi.

“Lagi di rumah tiduran ada getaran di kaca, langsung lari saja tanpa pikir panjang,” katanya.

Warga lain pun, kata Wily, berhamburan ke luar rumah karena shock. “Karena cukup lama gempanya, warga panik dan keluar rumah,” ucapnya.

Lanjut Wily, mengetahui gempa pusatnya jauh dari Ciamis warga kemudian tenang dan kembali masuk ke rumah masing-masing.

Pemberitaan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Banten dan sekitarnya tepat pada pukul 19.03 WIB. Gempa yang diprediksi berpotensi tsunami ini dirasakan di berbagai wilayah di Jawa Barat, Jakarta, Lampung hingga sebagian Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG, lokasi gempa berada di 7.54 LS, 104.58 BT atau berada 174 kilometer Barat Daya Sumur-Banten. Sementara kedalamannya mencapai 10 kilometer.

Informasi BMKG kemudian merilis, gempa Banten berkekuatan 6,9 SR dan bukan 7,4 SR seperti rilis BMKG sebelumnya. (Jujang/R7/HR-Online)

Berita Terkait: Gempa 7,4 SR di Banten, Getarannya Sampai Kota Banjar Hingga Jateng

- Advertisment -