Gunung Singkup Pangandaran Suguhkan Panorama Alam Indah Nan Menawan

Gunung Singkup
Panorama Gunung Singkup di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Gunung Singkup merupakan gunung yang berada di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya itu memiliki panorama yang sangat indah.

Dari puncak Gunung Singkup, pengunjung bisa melihat hamparan perbukitan hijau yang menakjubkan. Jika melihat ke arah utara, terlihat keindahan alam Tasikmalaya, dan jika melihat ke selatan hamparan hijau alam Pangandaran.

Diketahui, Gunung Singkup juga memiliki sejarah penting bagi bangsa ini, di gunung ini terdapat maqom Kiai Abdul Hamid yang merupakan pahlawan Hizbulloh yang berjuang melawan penjajah dengan membawa pasukan ke kota Bandung hingga terjadi peristiwa Bandung Lautan Api.

Para pengunjung yang datang ke Gunung Singkup bukan hanya sekedar menikmati panorama alam saja, tapi bisa sekaligus melakukan napak tilas ke maqom Kiai Abdul Hamid.

Salah seorang pengunjung asal Banten, Iwan Maulana, mengatakan, keindahan Gunung Singkup memang sangat menakjubkan. Berpagarkan perbukitan hijau membuat siapa saja yang melihatnya selalu ingin mengabadikannya dengan berswa foto.

“Meski harus melewati jalan terjal, namun jika sudah sampai di puncak tentu lelah itu akan terobati dengan indahnya panorama yang ada,” kata Iwan.

Di sini, kata  Iwan, juga terdapat  maqom waliyulloh Kiai Abdul Hamid. Tak jarang pengunjung yang datang ke sini menginap dan bermunajat di komplek maqom.

Untuk mencapai gunung ini, jika ditempuh dari pusat Kota Tasikmalaya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak gunung. Sementara jika dari Pusat kota Pangandaran sekitar 1,5 jam. pengunjung yang suka kemping di sekitar juga bisa lantaran terdapat hamparan yang cukup luas dan memadai. (Enceng/R6/HR-Online)