Hari Pramuka ke-58, Tagana Pangandaran Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga

Bertepatan dengan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019, Tagana Kabupaten Pangandaran, bersama anggota Pramuka dan unsur Muspika, memberikan bantuan air bersih untuk warga. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Bertepatan dengan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019, Tagana Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, bersama anggota Pramuka dan unsur Muspika, memberikan bantuan air bersih untuk warga.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus ini, salah satunya dengan melakukan bhakti sosial berupa penyaluran bantuan air bersih ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan.

Seperti dikatakan Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana, kepada HR Online, bahwa dalam momentum Hari Pramuka ini, bhakti sosial berupa bantuan air bersih dan bibit pohon diberikan untuk warga di Dusun Sukajadi, Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran.

“Bantuan sebanyak 15 ribu liter air bersih berikan kepada 69 kepala keluarag yang ada di dusun tersebut. Saat ini memang sebagian wilayah di Kabupaten Pangandaran dilanda kekeringan, sehingga membutuhkan air bersih. Jadi, bhakti sosial Pramuka ini sangat tepat,” terang Nana.

Di tempat yang sama, Sukirno, salah seorang warga Dusun Sukajadi, Desa Purbahayu, mengucapkan terima kasihnya kepada Tagana, anggota Pramuka, dan Muspika Pangandaran yang telah memberikan bantuan air bersih di lingkungannya.

“Saat ini memang warga di sini sedang mengalami kesulitan air bersih karena sumur-sumur milik warga kini sudah mengering akibat musim kemarau,” ucapnya.

Di tempat terpisah, bhakti sosial Hari Pramuka juga dilakukan siswa-siswi SMAN 1 Pangandaran melalui kegiatan bersih-bersih di perkampungan warga yang lokasinya tak jauh dari sekolah tersebut.

Kepala SMAN 1 Pangandaran, Undang Koswara, mengatakan, di Hari Pramuka ini, siswa-siswinya secara bergotong-royong membersihkan sampah dan saluran air. “Mudah-mudahan kegiatan bhakti sosial Pramuka SMAN 1 Pangandaran ini bermanfaat bagi semuanya,” ungkapnya. (Ntang/R3/HR-Online)