Hewan Misterius Pemangsa Kepala dan Darah Unggas di Ciamis Masih Misteri

jejak kaki hewan misterius
Warga tengah menunjukan jejak kaki hewan misterius yang memangsa puluhan hewan ternak di Warung Wetan Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Warga Warung Wetan Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam dua minggu terakhir ini diresahkan dengan munculnya hewan misterius yang memangsa puluhun ternak unggas. Si pemangsa ternak itu hingga saat ini belum diketahui hewan apa dan masih menyimpan misteri.

Hanya saja warga pernah melihat penampakan hewan bertubuh mirip anjing dengan sorot mata menyala berwarna merah berkeliaran di kampung mereka. Namun ketika hewan itu dikejar warga, seketika menghilang.

Munculnya serangan dari hewan misterius ini tak pelak membuat warga cemas. Warga setiap malam rutin menggelar ronda sembari melakukan perburuan terhadap hewan misterius tersebut. Jangankan berhasil ditangkap, memastikan si pemangsa itu berjenis hewan apa hingga kini belum terungkap.

Hanya saja warga sudah mendapat jejak kaki hewan tersebut yang ditemukan di lumpur kolam ikan. Kalau dilihat dari bentuk kakinya, hewan itu menyerupai jejak binatang buas. Namun, apabila dikatakan seekor anjing, kaki hewan itu terlihat besar dan tidak seperti kaki anjing.

Kepala Dusun Warung Wetan, Wahyu, mengatakan, hewan misterius itu membidik ayam dan bebek sebagai mangsanya. Hewan itu beroperasi tengah malam atau di saat situasi tengah sepi dari aktivitas manusia.

“Sudah puluhan ekor ayam dan bebek mati. Warga yang memiliki ternak unggas kini tengah cemas karena khawatir peliharannya kena sasaran,” ujarnya, Selasa (27/08/2019).

Wahyu menambahkan ada keanehan pada bangkai ternak yang dimangsa oleh hewan tersebut. Menurutnya, setiap ditemukan ternak yang mati, dipastikan kepalanya hilang. Sementara bangkai tubuh ternak masih utuh dan nyaris tanpa ada yang digigit.

“Setiap kali menemukan ternak yang mati selalu begitu. Jelas warga pun heran dan wajar kalau menyebut si pemangsa sebagai hewan misterius,” ujarnya.

Biasanya, lanjut Wahyu, apabila ternak dimangsa oleh hewan buas, tidak ada satupun bagian tubuhnya yang tersisa. Kalau pun tidak semua dimakan, biasanya bagian tubuh ternak sudah berantakan akibat gigitan.

“Kalau ini tidak. Tubuh ternak masih utuh. Yang dimangsa hanya bagian kepalanya saja,” ujarnya.

Menurut Wahyu, warga pernah mendapati seekor hewan mirip anjing yang baru keluar dari kandang ayam. Warga pun langsung mengejarnya. Tetapi hewan itu sangat cepat larinya dan seketika menghilang.

“Warga sempat melihat sosok hewan itu. Katanya hewan itu sorot matanya merah dan pergerakannya sangat liar,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga pemilik ternak, Ai Sopyan mengatakan sekitar 17 ekor bebek dan 4 ayam miliknya mati dengan kondisi tidak lazim. Menurutnya, saat diketahui ternak peliharaannya mati, kondisi kandang masih tertutup rapat.

“Anehnya lagi hanya bagian kepalanya saja yang dimangsa. Sementara bagian tubuhnya masih ada di dalam kandang,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, keanehan lain yang makin tidak masuk akal adalah hewan pemangsa itu menghisap darah setiap ternak yang dimangsanya. “Hal itu diketahui ketika ayam yang mati akan saya manfaatkan untuk pakan ikan. Sebelum dibakar bangkai ayam saya belah, ternyata sudah tidak ada darahnya,” ujarnya. (Fahmi2/R2/HR-Online)

Loading...