Hindari Sarapan Kopi Sambil Makan Gorengan, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

sarapan gorengan dan kopi
Sarapan gorengan sambil minum kopi berbahaya untuk kesehatan. Foto: Net/Ist

Sarapan gorengan dan kopi memang nikmat, apalagi ditemani hawa pagi yang masih segar. Bagi Anda yang sering sarapan dengan menu gorengan sambil ditemani kopi tampaknya harus berhati-hati, lantaran ada bahaya mengintai dibalik kebiasaan tersebut.

Sarapan pagi dengan menyantap gorengan apalagi ditambah dengan kopi ternyata membahayakan kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan dampak negatif yang bisa terjadi jika terlalu sering makan gorengan ditemani secangkir kopi.

Penelitian sejumlah ahli gizi menunjukkan makan gorengan dan minum kopi dapat memicu tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Akibat kadar gula darah tinggi, selanjutnya resiko diabetes pun mengintai penikmat gorengan.

Makan gorengan sebagai sarapan pagi bisa membuat gula darah meningkat, apalagi ditambah dengan minum kopi, akibatnya gula darah bisa meningkat dua kali lipat.

Sejumlah peneliti bahkan menyebut, gorengan memiliki kandungan lemak jenuh. Lemak jenuh ini akan membuat tubuh susah membersihkan gula dari dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Bisa Bikin Umur Panjang, Ini Penjelasannya

Misalnya Anda makan gorengan, lalu beberapa jam kemudian minum kopi, hal ini tetap membuat tubuh sulit melakukan pembersihan gula dalam darah.

Dilansir dari theglobeandmail, Marie-Soleil Beaudoin bersama Terry Graham dari University of Guelph meyebut, efek makanan tinggi lemak dapat berlangsung sampai beberapa jam kemudian.

Jika gula dalam darah ada dalam jangka waktu lama, maka akan timbul beberapa resiko kesehatan, seperti kena diabetes, kerusakan arteri, termasuk juga jantung.

Sarapan Sehat Tanpa Gorengan dan Kopi

Sebagai pengganti gorengan maupun kopi, Anda bisa mengganti sarapan Anda dengan sejumlah makanan sehat, seperti singkong rebus ataupun salad buah.

Namun jika Anda memilih salad jangan terlalu banyak memakai mayonnaise, karena kondisi perut kosong di pagi hari bisa menimbulkan maag.

Untuk pengganti kopi, Anda bisa memulainya dengan minum teh hangat, akan lebih baik jika teh hangat yang Anda minum di pagi hari tanpa memakai gula. Hal ini baik sebagai antioksidan penangkal racun di dalam tubuh.

Teh hijau juga baik dikonsumsi di pagi hari. Karena itu bisa jadi alternatif pilihan minuman saat sarapan dan Anda bisa menghindari minum kopi.

Selain itu, Anda bisa juga sarapan dengan menu telur yang sudah direbus dan satu buah pisang. Ada lagi telur dadar yang dicampur dengan sayuran, atau Anda bisa membuat telur orak arik yang ditambah dengan sayuran agar lebih sehat.

Untuk minuman, jika tidak suka teh, Anda bisa membuat jus pisang yang dicampur dengan susu yang rendah lemak. Sebagai ‘teman’ sarapan jus pisang, Anda bisa mengonsumsi satu lembar roti gandum. Selain sehat, juga baik untuk Anda yang sedang diet.

Nah itulah sarapan sehat yang bisa Anda pilih sebagai alternative sarapan gorengan dan kopi di pagi hari. Tidak ada salahnya menjalani gaya hidup sehat dimulai dari menu sarapan di pagi hari. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...