Honda ADV 150 Bisakah Jadi Trendsetter Baru Kelas Skutik?

Honda ADV 150
Sepeda motor matic Honda ADV 150. Foto: Istimewa

Honda ADV 150 sudah resmi meramaikan pasar roda dua nasional dengan menggelar debutnya di GIIAS 2019.

Hadir dengan mengusung gaya adventure, ADV 150 tampil segar dan pastinya memberikan pilihan baru untuk masyarakat.

Dari banyaknya produk skutik yang beredar di indonesia tak banyak yang mengusung dual purpose skutik kebanyakan bergaya urban atau sporty tetapi Honda ADV 150 hadir dengan dual purpose yang menawan.

Salah satu skutik lain selain ADV 150 yang memiliki gaya mirip adalah Yamaha X-Ride dengan mesin 125 cc.

Jika dilihat dari segi positioning, mesin, dimensi, sampai harganya, X-ride berada di bawah ADV 150. Atas dasar itulah, maka keduanya tidak dapat disejajarkan.

Bisakah Honda ADV 150 Jadi Skutik Terbaik?

Jika muncul pertanyaan tersebut, maka untuk tahu seperti apa jawabannya kita harus mengetahui seperti apa spesifikasi yang ditampilkan oleh skuter matic ini.

Skutik yang mengusung gaya adventure ini dihadapkan sebagai petarung kelas 150cc yang saat ini sudah mulai digemari masyarakat Indonesia.

Walaupun Honda saat ini memiliki PCX dan Vario dengan mesin dan kapasitas sama. Tetapi ada beberapa hal yang menarik yang terungkap dari ADV 150 ini.

1. Skutik Gaya Adventure 150cc Pertama di Indonesia

Harus diakui bahwa motor ini merupakan versi 150cc dari X ADV. X ADV sebenarnya merupakan moge yang dikeluarkan oleh Honda dengan genre adventure dan spesifikasi mesinnya memiliki kapasitas 745 cc.

Walaupun modelnya berbeda dengan versi 745 cc, X ADV dianggap sebagai pesaing NMax dan Aerox. Sementara di Indonesia belum memiliki varian motor matic 150cc yang mengusung model adventure.

2. Desainnya Futuristik dan Modern

Tampilan luar dari ADV 150 ini memiliki lekukan bodi yang tajam, sehingga tampak lebih modern dan futuristik.

Di bagian depan juga sudah terpasang lampu LED yang diterapkan dengan desain sporty. Sehingga dapat memberi kesan agresif.

Pijakan kakinya luas menambah kenyamanan motor ini saat digunakan untuk berkendara baik jarak dekat atau jarak jauh sekalipun.

Desain ini terinspirasi dari x-adv dengan versi 745 cc. Dapat dikatakan desain ini merupakan karya seni, karena memiliki desain yang modern, futuristik dan memiliki cita rasa adventure.

3. Dimensi

Dilihat dari dimensi motor honda ini mempunyai panjang kali lebar kali tinggi sebesar 1.950 x 763 x 1.153 mm.

Sementara itu jarak sumbu roda nya 1324 mm, ketinggian tempat duduk 795 mm, jarak terendah ke tanah 165 mm dan berat kosong 132 kg.

4. Pilihan Warna Menarik

Pilihan warna yang bisa anda dapatkan dari adb 150cc ini adalah Tough Matte Black – CBS type. Tough Matte Brown – CBS type. Tough Silver – CBS type. Advance Red – ABS type dan Tough Red – CBS type.

5. Two Step Adjustable Windscreen

Ini merupakan salah satu fitur yang pertama kali dipakai pada motor skutik premium dengan kapasitas 150 cc.

Fitur yang umumnya dipakai pada motor besar ini bisa disesuaikan dengan dua tingkat ketinggian yang menggunakan pengoperasian mudah.

Selain itu fitur ini memang sengaja di aplikasi guna memberikan fleksibilitas untuk para pengendaranya.

Posisi yang terendah membuat visibilitas akan lebih baik, sedangkan untuk posisi tertinggi memberikan perlindungan terbaik pada terpaan angin.

Sehingga skutik ini cocok sekali untuk perjalanan jarak jauh.

6. Fitur CBS dan ABS

Motor ini telah dibekali dengan pilihan fitur Anti Lock Braking System atau yang sering disingkat dengan ABS serta Combi Brake System atau CBS.

Memiliki 3 piston kaliper, ADV -150 semakin membuat pengendara nyaman dan aman.

ABS yang tersemat di dalam motor ini dapat mencegah ban selip ketika melakukan pengereman darurat. Baik saat di jalan kering ataupun di jalan dengan kondisi basah.

7. Harga

Agar anda bisa memiliki Honda ADV 150 ini harganya dibandrol seharga 33,5 juta bagi tipe CBS-ISS. Sementara untuk tipe ABS-ISS dibanderol dengan harga 36,5 juta On The Road Jakarta.

Sementara itu, dalam rangka memenuhi permintaan konsumen, saat ini produsen yang memiliki logo sayap mengepak ini telah merilis aksesoris resmi yang dapat menjadikan tampilan skutik bongsor ini semakin keren.

Setidaknya ada 7 aksesoris yang dapat dipasangkan di dalam ADV-150. Apa saja itu? berikut ini adalah aksesoris yang bisa anda miliki.

Center Pad Rubber ini adalah sebuah karet bantalan tengah di bagian motor yang berfungsi untuk melindungi body. Aksesoris seperti ini dibanderol dengan harga 120 ribuan.

Sementara itu, aksesoris yang bisa digunakan untuk menopang tampilan ADV150 adalah cover knalpot atau cover exhaust pipe yang harganya mencapai 180 ribuan.

Ada juga stiker tambahan pada fender depan seharga 45 ribu dan windscreen 80 ribu. Selain itu, Honda juga telah menyiapkan leg deflector dengan harga 175 ribu dan hand guard seharga 270 ribu.

Untuk aksesoris tambahan lain yang mendukung tampilan ADV 150 ini ada panel slip step floor dengan harga 560 ribu.

Salah satu bukti bahwa motor keluaran Honda ini bakal jadi trendsetter adalah dalam GIIAS 2019 ini motor ini bahkan sudah sukses dipesan hampir 2.000 unit.

Kontribusi dari Honda ADV 150 ini cukup signifikan, penjualan motor Honda selama gelaran GIIAS 2019 sebanyak 2852 unit. (R9/HR-Online)