HP Samsung Paling Laris di Eropa Kuartal Dua 2019, HP Oppo di Indonesia

HP Samsung Paling Laris di Eropa Kuartal Dua 2019
HP Samsung Galaxy A50 yang paling laku di Eropa pada kuartal 2 tahun 2019. Foto : net/ust

HP Samsung menjadi jawara di Eropa dalam hal penjualan. Tercatat data dari Canalys, smartphone asal Korea Selatan ini memperoleh 40,6% di kuartal dua 2019.

Menurut riset yang dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dianalis pasar HP ini, HP Samsung yang terlaris di benua biru ini adalah seri Galaxy A50.

Sementara posisi kedua, seperti dikutip dari Tempo, ditempati oleh HP Huawei asal China, yang di kuartal kedua tahun 2019 ini mencatat penjual sebanyak 18,8%.

Posisi ketiga diduduki Apple dengan penjualan sebanyak 14,1%, keempat HP Nokia dengan 9,6% dan kelima vendor asal China lainnya, Xiaomi dengan 2,7%.

Di kuartal kedua 2019, produk HP Samsung yang terjual sebanyak 18,3 juta. Penjualan tersebut terbilang sukses, pasalnya di kuartal sama tahun lalu hanya 15,3 juta.

Berita Terkait:

Harga Smartphone Samsung Galaxy A30 dan A50 di Indonesia

Review HP Samsung Galaxy A50; Dibekali 3 Kamera Belakang dan Pas Buat Gamer

Untuk produk dari Korsel ini yang paling laris adalah seri Galaxy A50, yang berhasil terjual sebanyak 3,2 juta ponsel. Kemudian Samsung Galaxy A40 sebanyak 2,2 juta.

Ponsel pintar Redmi Note 7 dari Xiaomi menduduki peringkat ketiga terlaris dengan penjualan sebanyak 2 juta, disusul Galaxy A20e 1,9 juta serta Apple iPhone XR 1,8 juta.

Jika Samsung mengakami kenaikan penjualan dibandingkan kuartal sama tahun lalu, maka HP Huawei malah turun dari 10,1 juta menjadi 8,5 juta ponsel.

Smartphone Xiaomi sendiri mengalami kenaikan penjualan 4,8% dengan mengirimlan 4,3 juta di kuartal 2 tahun ini. Sedangkan Nokia tahun 2019 menjual 1,2 juta.

HP Oppo Jawara di Indonesia Kalahkan HP Samsung

Sebaliknya dengan di pasar smartphone Tanah Air. Jika HP Oppo tidak masuk lima besar di Eropa, maka di Indonesia malah menjadi jawara dari sisi penjualan.

Menurut Canalys, Oppo lewat seri A serta F berhasil mengalahkan pesaingnya termasuk HP Samsung, dengan pertumbuhan penjualan sebanyak 54% pada kuartal dua 2019.

HP Samsung sendiri di Indonesia berada di posisi runner up dengan penjualan 24 persen, atau mengalami peningkatan sebanyak 10% dibanding tahun lalu.

Peringkat ketiga ditempati vendor China lainnya, Xiaomi yang penjualannya turun sekitar 9%, atau hanya 19% unit yang terjual di pasar Indonesia.

Selanjutnya posisi keempat ada Vivo yang mencapai penjualan 15% dengan peningkatan 62%, kelima ada ponsel Realme yang mencapai 7% di Indonesia.

Akan tetapi hasil atau riset yang dilakukan Canalys ini berbeda dengan perusahaan riset lainnya yakni Counterpoint Research di Indonesia pada kuartal dua tahun 2019.

Menurut laporan dari Counterpoint Research, di periode April-Juni 2019 ini, HP Oppo dalam market share-nya hanya 17% atau menempati urutan ketiga.

Sedangkan peringkat pertama ditempati oleh HP Samsung yang mampu menjaul 27%, dan HP Xioami kedua dengan market share 21%. (Adi/R5/HR-Online)