Ingin Kecerdasan Otak Anak Makin Encer? Berikan Makanan Ini!

Kecerdasan Otak Anak
Ilustrasi makanan untuk kecerdasan anak. Foto: Istimewa

Meningkatkan kecerdasan otak anak bisa didukung dengan asupan makanan yang tepat. Tumbuh kembang anak memang sangat ditentukan dan dipengaruhi oleh asupan gizi yang diberikan orang tua.

Dengan pemberian makanan yang kaya dengan kandungan nutrisi akan membuat anak tumbuh optimal. Tak sedikit kasus penyakit dan kelainan justru disebabkan kurangnya asupan gizi untuk perkembangan anak.

Begitu pun dengan perkembangan otak dan kecerdasan anak juga dipengaruhi asupan makanan yang dikonsumsinya. Sebaliknya, rendahnya asupan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan otak bisa membuat kecerdasannya tidak optimal.

Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak Anak

Meskipun faktor genetika ikut menentukan tingkat kecerdasan seseorang, namun peran asupan makanan tidak bisa dikesampingkan. Karena itu penting sekali para orang tua memberikan makanan yang sesuai untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

Namun tak semua makanan bisa diberikan untuk tumbuh kembang anak. Apalagi makanan pabrikan yang begitu banyak dijual di pasaran. Orang tua perlu selektif dalam memilih makanan untuk tumbuh kembang anaknya.

Lantas apa saja jenis makanan terbaik yang bisa diberikan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak? Berikut ini pilihan terbaik makanan untuk otak yang sebaiknya diberikan untuk anak-anak anda.

Susu Sapi Segar

Umumnya orang tua telah memahami pentingnya susu untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Namun sebaiknya bukan sembarang susu yang diberikan, apalagi susu kaleng atau bubuk buatan pabrik.

Untuk mendukung tumbuh kembang anak sebaiknya pilih susu sapi segar agar kecerdasan otak anak optimal. Kandungan protein dan vitamin B yang tinggi dalam susu penting untuk perkembangan sel-sel otak anak.

Selain itu nutrisi yang terkandung dalam susu sapi segar jauh lebih berkualitas ketimbang susu buatan pabrik yang mungkin saja mengandung bahan tambahan atau bahan kimia yang berbahaya.

Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal sebagai sumber makanan penting untuk otak. Ikan laut ini diketahui kaya dengan asam lemak omega 3, DHA, dan EPA. Nutrisi ini berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak.

Dalam 100 gram ikan salmon terkandung sebanyak 2,2 gram asam lemak omega 3. Jumlah ini mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak yang hanya 1,2 gram.

Kuning Telur

Bagian kuning telur ternyata sangat berkhasiat untuk mendukung kecerdasan otak. Hal ini karena kandungan kolin yang berguna dalam mengembangkan memori dan daya ingat anak.

Dalam sebutir telur terkandung 126 mg kolin. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang daging sapi yang dalam 300 gram hanya terdapat 66 mg kolin.

Sedangkan kebutuhan kolin harian untuk otak anak adalah sebesar 200-375 mg. Sehingga dengan makan dua butir telur saja sudah tercukupi kebutuhan kolin otak anak.

Sereal

Sereal juga kaya dengan vitamin B, vitamin E, seng, dan potasium yang berperan penting dalam perkembangan fungsi otak. Kandungan serat dalam sereal juga berfungsi menyuplai kebutuhan energi otak harian anak.

Sayuran Berwarna

Wortel, tomat, labu, bayam, dan ubi jalar merah adalah jenis sayuran berwarna cerah yang juga penting untuk melejitkan kecerdasan otak anak.

Sayuran jenis ini juga diketahui merupakan sumber antioksidan dan nutrisi penting yang berperan dalam merangsang dan melindungi sel-sel otak.

Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan juga penting untuk meningkatkan kecerdasan anak loh. Utamanya kacang tanah yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan vitamin E yang berfungsi menyuplai glukosa untuk energi otak.

Itulah berbagai jenis makanan yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Selain jenis makanannya, cara memasaknya sebaiknya juga diperhatikan agar nutrisinya tidak rusak.

Dengan memberikan asupan makanan terbaik untuk tumbuh kembang anak diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan kecerdasan otak anak secara lebih optimal. (R8/HR-Online)