Ingin Kecerdasan Otak Anda Meningkat? Lakukan Olahraga Ini!

olahraga kecerdasan otak
ilustrasi olahraga kecerdasan otak. Foto: Net/Ist

Untuk meningkatkan kecerdasan otak bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan belajar, asupan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan otak juga merupakan langkah yang banyak dilakukan.

Para orang tua umumnya memahami pentingnya asupan gizi seimbang yang mesti diberikan pada anak sejak bayi. Selain makanan untuk kesehatan tubuh, perkembangan otak juga membutuhkan nutrisi yang sesuai.

Omega 3, asam oleat, asam folat, dan lainnya merupakan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Namun tahukah anda jika kecerdasan otak juga bisa didongkrak dengan olahraga? Lantas olahraga seperti apa yang baik untuk otak?

Kebanyakan kita memahami olahraga sebagai aktivitas yang besar manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan melakukan gerakan fisik, akan membuat tubuh terpacu dan meningkatkan kerja organ tubuhnya.

Namun sayangnya olahraga belum menjadi bagian penting gaya hidup modern. Apalagi dengan padatnya aktivitas kerja dan bisnis membuat banyak orang yang mengabaikan manfaat olahraga untuk kesehatan.

Padahal, olahraga bukan hanya merupakan kebutuhan dasar bagi tubuh. Olahraga juga berguna untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh sehingga bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

Manfaat Olahraga untuk Kecerdasan Otak

Yang menarik, olahraga juga berguna untuk melancarkan aliran darah. Hal inilah yang membuat suplai darah ke berbagai organ dalam tubuh yang membutuhkan berjalan lancar. Termasuk merangsang kecerdasan otak.

Seorang pakar pendidikan dan profesor Departmen of Education di Washington University, Keith Sawyer PhD menemukan korelasi yang signifikan antara aktivitas fisik dengan perkembangan mental dan pikiran.

Dengan melakukan olahraga fisik, meskipun ringan, sangat bermanfaat dalam memberikan pengalaman yang lebih baik menyangkut kondisi mental dan pikiran seseorang.

Beberapa aktivitas fisik, seperti jalan kaki, senam ringan, jogging, atau bersepeda mampu membuat pikiran lebih segar dan fresh.

Sejumlah penelitian yang dilakukannya juga mendukung bukti tersebut. Orang yang sering melakukan olahraga secara rutin akan membuat pikiran lebih mampu berpikir jernih. Bahkan mereka akan terbebas dari risiko stress.

Penelitilain dari Center for Applied Cognitive Studies in Charlotte, North Carolina, Pierce J. Howard PhD mengatakan bahwa saat melakukan olahraga, tubuh akan bekerja secara alami untuk membersihkan diri dari hormon kortisol.

Kortisol adalah hormon stres yang menghambat kerja otak. Otak pun tak mampu berpikir secara leluasa dalam menuntaskan masalah yang sedang dihadapi.

Karena itulah dengan berolahraga maupun melakukan aktivitas fisik, otak akan menghalau kortisol sehingga otak lebih mampu berpikir secara lebih kreatif.

Selain itu dengan olahraga suplai oksigen yang mengalir ke dalam otak juga akan meningkat. Asupan oksigen ini bermanfaat untuk lebih mengoptimalkan kerja otak.

Begitu juga asupan oksigen dalam darah juga ikut meningkat akibat gerakan fisik yang dilakukan saat olahraga. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan dan juga melancarkan energi mental.

Dalam kondisi mental yang tenang dan baik, kemampuan otak dalam menghubungkan atau merangkai ide maupun logika juga akan lebih optimal. Otak pun seperti mampu mengembangkan dan mengoptimalkan dirinya secara alami.

Gerakan tubuh secara fisik dalam olahraga ternyata juga memacu otak untuk melepaskan hormon endorfin dalam tubuh. Proses ini ternyata memberikan efek semangat dan meningkatnya mood seseorang.

Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Untuk mengoptimalkan fungsi otak, ternyata olahraga yang perlu dilakukan bukanlah jenis yang berat, menguras tenaga, dan dilakukan dalam waktu yang lama.

Berbeda jika tujuan anda adalah untuk membentuk tubuh atletis mungkin saja perlu olahraga yang berat. Mengangkat barbel, treadmil merupakan olahraga membentuk fisik.

Sedangkan untuk otak, anda hanya perlu melakukan olahraga ringan dengan gerakan fisik yang menyeluruh. Jika anda senang dengan jalan pagi, lakukan dengan senang hati dan rutin tanpa perlu waktu yang lama.

Bahkan anda bisa melakukan senam ringan di sela-sela kerja untuk melakukan relaksasi otot dan tubuh. Liukkan badan atau melakukan gerakan mengangkat tangan lalu membungkuk juga bisa.

Yang penting, nikmati aktivitas dan gerakan fisik yang anda lakukan. Luangkan sedikit waktu untuk melepaskan diri dari rutinitas dengan gerakan fisik dan anda akan merasakan manfaat yang besar.

Melakukan olahraga bukan hanya mampu merangsang kreativitas otak namun juga membuat tubuh menjadi lebih segar. Begitu juga mood dan pikiran akan lebih segar dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Jadi luangkan waktu sejenak dengan olahraga ringan untuk melepaskan stres, menyergarkan pikiran, dan merangsang kecerdasan otak anda. (R8/HR-Online)