Ketahui 7 Jenis Masker Wajah yang Sesuai Kebutuhan Kulit Wanita

Masker wajah merupakan home-treatment yang menjadi favorit saat para wanita menginginkan wajah segar dan cerah seketika. Photo : Ilustrasi.

Masker wajah merupakan home-treatment yang menjadi favorit saat para wanita menginginkan wajah segar dan cerah seketika. Seiring dengan naik daunnya produk praktis tersebut, kini banyak jenis masker baru bermunculan yang menarik untuk dicoba.

Seperti diketahui kegunaan masker banyak sekali, selain untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, melancarkan peredaran darah, juga untuk memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit tampak sehat, cerah, halus dan kencang.

Berbagai macam produk masker wajah yang beredar di pasaran pun selalu menjanjikan hasil memuaskan. Bahkan, sekarang ini makin banyak jenis masker yang diperjualbelikan.

Ada masker yang berbentuk krim, bubuk, gel bahkan ada juga yang berbentuk kertas dan plastik. Dalam satu masker, berbagai bahan dicampurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tapi, perlu kamu ingat bahwa memilik masker wajah itu tidak boleh asal. Kamu harus mencari tahu dulu jenis-jenis masker yang sesuai dengan jenis kulit.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Minggu (18/08/2019), berikut ini jenis-jenis masker wajah yang sesuai dengan karakter kulitmu.

Cream Mask

Masker krim ini sangat cocok untuk semua jenis kulit karena memberikan kelembapan, hidrasi, serta melembutkan kulit. Masker ini biasanya tersedia dalam berbagai macam kemasan, seperti cup, sachet, dan tube.

Salah satu keuntungan dari masker ini bisa dipadukan dengan beberapa jenis masker dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi.

Untuk daerah yang kering, oleskan masker wajah khusus untuk jenis kulit kering. Sedangkan, untuk daerah yang berminyak seperti T, oleskan masker khusus kulit berminyak.

Penggunaan masker ini cukup praktis, tinggal oleskan ke bagian yang diinginkan, kemudian tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air seperti biasa.

Sheet Mask

Sheet mask kaya akan kandungan essence sehingga tak heran masker jenis ini punya banyak penggemar.

Selain gampang diaplikasikan, biasanya sheet mask memiliki banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Jangan lupa sesuaikan varian dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu. Jika varian sheet mask yang kamu pakai tidak cocok, biasanya akan menimbulkan reaksi alergi atau jerawat.

Clay Mask

Khasiatnya membantu menyeimbangkan kadar minyak dan mengatur sekresi minyak pada permukaan kulit, sehingga masker ini cukup terkenal di kalangan kaum hawa.

Pilihan tepat buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan rawan terhadap jerawat. Selain menghaluskan kulit dan menghilangkan semua debu yang menumpuk di lapisan kulit teratas, masker ini juga bisa menghilangkan komedo dan mengencangkan kulit.

Penggunaannya pun praktis, oleskan pada kulit wajah dalam keadaan bersih, tunggu hingga mengering, lalu bilas sampai bersih.

Sama halnya dengan cream mask, packaging masker wajah ini biasanya berbentuk sachet, tube, bahkan cup.

Exfoliating Mask

Kulit wajah membutuhkan masker yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Jadi tidak hanya mengangkat sel kulit mati saja, exfoliating mask juga dipercaya bisa membuat kulit wajah lebih cerah.

Namun, untuk menghindari terjadinya iritasi maka disarankan memakai masker ini hanya cukup seminggu sekali saja.

Gel Mask

Berbeda sedikit dengan masker lainnya, karena gel mask ini dibuat khusus untuk kulit kering dan sensitif. Formula dari gel mask yang lembut dan ringan sehingga cepat diserap kulit.

Diketahui gel mask juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga akan memberikan sensasi dingin yang bisa menenangkan kulit saat dipakai.

Biasanya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat masker meliputi mentimun, teh hijau dan mint. Hal itu berfungsi untuk menghidrasi serta menenangkan kulit.

Masker gel juga termasuk salah satu masker yang praktis saat digunakan. Setelah dioleskan, kamu tinggal menunggu hingga kering tanpa dibilas.

Selain itu, manfaat lainnya dari masker ini bisa untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, sehingga kulit menjadi bersih dan terasa lebih segar.

Masker Termal

Mungkin masker ini tidak terdengar familiar di telinga kita tapi sering dijumpai di pasaran. Masker ini berbentuk gel, namun saat dipakai kulit akan terasa panas.

Karena memang masker ini biasanya mengandung bahan-bahan yang menghasilkan efek panas yang bekerja untuk membuka pori-pori, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengeluarkan kotoran dari permukaan kulit.

Masker ini cocok dipakai oleh kamu yang tinggal di daerah dingin agar terkesan menghangatkan, dan cocok untuk semua jenis kulit.

Water Sleeping Mask

Biasanya masker yang satu ini digunakan semalaman untuk meremajakan dan melembapkan kulit secara menyeluruh.

Kandungan dalam masker ini cukup ringan lantaran berbahan dasar air, sehingga tidak akan merusak kulit meskipun masker ini merupakan buatan pabrik.

Manfaat lainnya yang bisa didapat dari masker wajah ini yaitu, kulit menjadi tampak awet muda dan lembut. Jadi sangat cocok buat kamu yang mulai memasuki penuaan kulit dan beraktivitas padat. (Eva/R3/HR-Online)