Jaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Terbaik

kesehatan jantung
Ilustrasi makanan untuk kesehatan jantung. Foto: Istimewa

Menjaga kesehatan jantung dengan makanan terbaik sudah seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehat anda. Dengan kebiasaan ini anda bisa mencegah serangan jantung yang semakin kerap akhir-akhir ini.

Penyakit jantung saat ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini bahkan tak memandang umur.

Dikutip dari data World Health Organization (WHO), kematian akibat penyakit kardiovaskuler justru lebih banyak terjadi di negara berkembang sebanyak 3/4 dari total kasus. Mereka umumnya berpenghasilan rendah hingga sedang.

Sedangkan hasil Survei Sample Regristration System (SRS) 2014 di Indonesia menyimpulkan bahwa Penyakit Jantung Koroner (PJK) menduduki posisi teratas penyebab kematian setelah stroke, yakni 12,9%.

Begitu juga data Riskesdas tahun 2013 memperlihatkan PJK sebagai prevalensi tertinggi untuk penyakit Kardiovaskuler.

Berdasarkan kelompok umur, penyakit jantung didominasi kelompok umur 65-74 tahun yang mencapai 3,6 %. Sedangkan kelompok umur 75 tahun ke atas menduduki urutan kedua.

Setelah itu diikuti kelompok umur 55-64 tahun sebanyak 2,1 %. Untuk yang terendah ada pada kelompok umur 35-44 tahun (1,3%).

Berdasarkan status ekonomi, yang terbanyak mengalaminya justru masyarakat yang ada di tingkat ekonomi bawah sebanyak 2,1 %. Untuk masyarakat menengah bawah lebih kecil, yakni 1,6 %.

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung maupun kardiovaskuler sebenarnya bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Diantaranya dengan memperhatikan pola makan, diet yang sehat, rajin berolah raga, dan menjauhi rokok dan alkohol.

Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung juga merupakan langkah terbaik untuk mencegah serangan penyakit mematikan ini. Namun makanan sehat yang seperti apa yang baik untuk kesehatan jantung?

Berikut ini kriteria atau jenis makanan untuk kesehatan jantung yang bisa dipilih dan dikonsumsi sebagai bagian dari gaya hidup sehat anda.

Sering Makan Ikan Laut

Dibandingkan jenis ikan air tawar, ikan laut mengandung jauh lebih banyak dan beragam dengan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Ikan laut kaya dengan omega 3 dan asam lemak esensial yang ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga pada tingkat yang aman.

Ikan salmon, ikan herring, dan sarden merupakan jenis ikan yang kaya dengan omega 3 dan asam lemak esensial. Namun ikan laut lain juga tetap bisa dikonsumsi karena harganya yang lebih murah.

Gunakan Minyak Sehat

Menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan menghindari lemak jenuh. Lemak jenis ini banyak terdapat dalam daging, mentega, ataupun minyak kelapa.

Sebagai gantinya anda bisa menggunakan minyak zaitun. Baik untuk memasak maupun untuk menambah kelezatan makanan. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun baik untuk jantung.

Makanan Berserat

Makanan yang banyak kandungan seratnya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Serat berperan dalam menjaga sistem pencernaan, membantu proses penyerapan gula, dan mengontrol kolesterol.

Beberapa makanan yang kaya serat antara lain gandum, sayuran, ataupun kacang-kacangan. Bahkan kacang-kacangan bisa menjadi sumber utama protein yang baik untuk tubuh dan jantung.

Memilih Karbohidrat Sehat

Tubuh memang membutuhkan karbohidrat untuk menjadi sumber energi. Makanan manis seperti kue atau permen yang banyak gula merupakan karbohidrat tak sehat karena justru merugikan jantung Anda.

Sebagai gantinya, sebaiknya pilih makanan sumber karbohidrat sehat seperti beras cokelat, pasta gandum, dan roti gandum. Buah dan sayuran juga kaya karbohidrat sehat sebagai pengganti makanan manis.

Perhatikan Cara Memasak

Selain memilih jenis makanan, cara mengolah makanan juga turut mempengaruhi dampak makanan terhadap jantung. Mengolah makanan dengan memasak yang sehat penting sekali untuk melindungi jantung anda.

Misalnya untuk membuat tumisan, sebaiknya gunakan minyak kanola (canola oil) atau minyak zaitun. Begitu juga saat ingin membuat masakan ayam, sebaiknya buang bagian kulit dan jeroannya.

Yang tak kalah penting, memasak dengan memanggang atau mengukus merupakan langkah yang lebih sehat ketimbang dengan menggoreng. Hal ini berguna untuk menjaga kandungan nutrisi dalam makanan.

Karena itulah menjaga kesehatan jantung dengan makanan terbaik merupakan langkah terbaik yang harus menjadi gaya hidup anda. (R8/HR-Online)