Jamur Ling Zhi, Obat Dewa Penangkal HIV

jamur ling zhi yang sedang tumbuh
jamur ling zhi. Foto: Net/ist

Nama jamur Ling Zhi memang tak sepopuler jamur merang atau jenis jamur konsumsi lainnya. Namun untuk khasiatnya, Ling Zhi adalah jawaranya. Bahkan jika dibandingkan jenis herbal lainnya.

Para bangsawan dan raja-raja di China telah menggunakan manfaat jamur Ling Zhi sejak tahun 400 sebelum masehi. Begitu istimewanya jamur ini membuat perederannya hanya terbatas di lingkungan kerajaan saja.

Ling Zhi (Ganoderma Lucidum) adalah jamur kayu yang tumbuh dan hidup menempel pada pohon tumbang atau kayu yang lapuk. Bagian tangkai ling zhi lebih pendek ketimbang jamur kayu lainnya

Namun daging buah jamur ini cukup lebar dengan diameter bisa mencapai 30 cm dengan ketebalan 2 – 3 cm. Jamur ini tidak enak dijadikan bahan masakan rasanya yang pedas dan pahit.

Kandungan Nutrisi Jamur Ling Zhi

Sebenarnya ada banyak jenis jamur Ling Zhi. Namun umumnya yang dikenal dan banyak dimanfaatkan di Indonesia adalah yang berwarna coklat tua agak kemerahan.

Sebagai herbal yang sangat berkhasiat, kandungan nutrisi jamur ini terbilang lengkap. Ling Zhi banyak mengandung karbohidrat yang mencapai 43 persen.

Jamur ini juga kaya protein (26,4), kalsium (832), natrium (735), zat besi (82,6), fosfor (4,15), kalium (3,59), dan magnesium (1,03),

Ling Zhi juga kaya dengan vitamin B1 (3,49), B2 (17,1), B6 (0,71), dan niacin (61,9). Jamur ini juga dikenal rendah lemak (4,5).

Senyawa lain yang terdapat dalam jamur ini antara lain flavanoid, steroid, germanium, saponin, fenal adenosi, glukosa, koumarin, dan triterpenoid.

Manfaat Jamur Ling Zhi bagi Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi dan mineralnya yang lengkap, ada banyak manfaat jamur Ling Zhi untuk kesehatan. Diantaranya untuk memperbaiki, melindungi,  dan membangun organ tubuh.

Jamur istimewa ini juga sangat penting dalam meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Mengkonsumsi rutin jamur ini akan membuat tubuh selalu sehat dan bugar.

Senyawa flavanoid, steroid, ataupun saponin dalam jamur membuatnya sangat baik mengobati penyakit liver dan ginjal.

Senyawa ini berfungsi sebagai analgesic, anti oksidan, anti hepatitis, anti kanker dan tumor, anti hipertensi, anti diabetes, dan juga ampuh untuk mengatasi alergi.

Yang tak kalah pentingnya, jamur herbal ini juga ampuh dalam menyembuhkan beragam jenis penyakit, seperti jantung, asma, maag, penyakit gula, kelenjar getah bening, maupun asam urat.

Bahkan beberapa keluhan seperti sakit pada persendian, migrain, ataupun pusing berkepanjangan bisa disebuhkan dengan ramuan herbal ini.

Kandungan senyawa adenisos dalam ling zhi ternyata berkhasiat dalam menetralkan racun ataupun memulihkan sistem kerja organ tubuh. Sejumlah tabib di China sering memberikan jamur ini bagi orang yang terkena racun.

Yang menarik, manfaat jamur Ling Zhi ternyata juga efektif dalam pengobatan terhadap penyakit HIV/AIDS. Senyawa kompleks yang terdapat dalam Ling Zhi bisa menghambat perkembangan virus HIV.

Nah, buat anda yang ingin mencoba khasiat jamur ini bisa meraciknya sendiri di rumah. Apalagi cara membuat ramuan dari herbal Ling Zhi tidaklah sulit.

Diantaranya anda bisa mengolahnya dengan memasaknya sebagai makanan. Namun karena rasanya yang pahit banyak orang yang tidak melakukan cara ini.

Alternatif lain dalam mengolahnya adalah dengan mengambil airnya. Caranya adalah dengan memasak air hingga mendidih. Setelah apinya dimatikan, masukkan Ling Zhi yang telah dipotong dalam bentuk kecil.

Jangan lupa tutup wadahnya rapat-rapat dan tunggu saja sekitar 2 jam hingga agak dingin. Selanjutnya tinggal disaring dan diminum airnya. Konsumsi jamur ini saat perut kosong agar hasilnya efektif.

Itulah beragam manfaat jamur Ling Zhi yang begitu hebat dalam menangkal dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kabarnya, beberapa jenis penyakit yang secara medis belum ditemukan obatnya bisa diatasi dengan herbal ini. (R8/HR-Online)