Jenis Buah-buahan yang Bisa Digoreng Selain Pisang, Cocok Buat Cemilan

Buah-buahan yang bisa digoreng ternyata bukan hanya pisang saja. Photo : Net/Ist.

Jenis buah-buahan yang bisa digoreng ternyata bukan hanya pisang saja. Di negara Barat sana, buah yang dimasak dengan cara digoreng sudah cukup banyak ditemukan, dan dikenal dengan nama fruit fritters. Mungkin di Indonesia belum terlalu familiar, kecuali pisang goreng.

Cara membuatnya pun tak jauh beda dengan membuat pisang goreng. Hanya membutuhkan tepung terigu, gula, dan minyak. Bisa juga ditambahkan telur.

Lalu, apa saja jenis buah-buahan yang bisa digoreng selain pisang? Berikut ulasannya seperti yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mudah sekali untuk diolah menjadi gorengan.

Bentuknya yang padat dan teksturnya yang renyah membuat apel tidak mudah hancur saat digoreng.

Hampir semua jenis apel bisa dijadikan camilan goreng. Tapi, yang paling populer adalah jenis apel malang hijau, karena teksturnya sangat renyah dan rasanya tidak terlalu manis.

Apel digoreng secara deep fry dengan balutan adonan tepung hingga kecokelatan. Untuk membuat adonan tepung ini, gunakan air es supaya hasilnya lebih garing. Setelah matang, apel goreng siap disajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis bubuk.

Durian

Wangi durian yang khas dengan dagingnya yang lembut pastinya bikin kamu ketagihan. Lalu, bagaimana jadinya kalau daging durian yang lembut digoreng dalam balutan tepung terigu?

Buah idola masyarakat Indonesia ini memang sedang gencar-gencarnya dibuat menjadi berbagai macam olahan, salah satunya gorengan. Sensasi renyah dan creamy-nya terasa luar biasa.

Rambutan

Jenis buah-buahan yang bisa digoreng selanjutnya adalah buah rambutan. Makanan yang satu ini juga terkenal di Jambi.

Cara memasaknya hampir sama dengan nanas goreng, kamu tinggal mengiris tipis-tipis rambutan sebelum akhirnya digoreng dengan adonan tepung terigu, vanili, dan garam.

Tapi, pastikan dulu kalau rambutan yang kamu gunakan adalah yang benar-benar kering. Rambutan goreng khas Jambi ini rasanya mirip buah kurma dan mampu bertahan hingga 6 bulan untuk dikonsumsi, tanpa bahan pengawet.

Untuk menambah variasi rasa dan isi, kamu juga bisa menambahkan kentang ataupun udang dan bihun.

Mangga

Buah eksotis yang satu ini memang tidak ada habisnya untuk diolah. Mulai dari puding, rujak, saus, hingga digoreng. Membuatnya lebih mudah dan rasanya pun lebih renyah.

Jenis mangga yang nikmat untuk digoreng ini adalah yang sudah matang. Teksturnya yang lembut jadi sebaiknya sebelum digoreng balut dulu dengan kulit lumpia yang siap pakai. Kemudian, goreng secara deep frying.

Nanas

Tidak hanya dirujak, nanas juga ternyata cocok sekali diolah menjadi buah goreng. Uniknya dari proses pembuatan nanas goreng ini adalah adonan dibuat dari tepung dan minuman soda agar hasilnya lebih renyah.

Tampilan nanas goreng sangat cantik karena sebelum digoreng nanas dipotong menyerupai bentuk cincin.

Selain digoreng tepung, nanas bisa juga dibuat menjadi isian molen. Nanas dipotong memanjang, dibalut dengan adonan tepung yang tipis, kemudian digoreng secara deep fry hingga kecokelatan. Rasanya manis dan empuk.

Nangka

Sama seperti membuat pisang goreng, nangka digorengnya memakai terigu yang sudah dicampurkan dengan gula dan air, jangan lupa beri sedikit garam.

Supaya rasanya lebih mantap, bisa juga menaburkan gula pasir di atasnya. Tak hanya nikmat, gorengan dari buah nangka ini akan memberikan aroma harum yang sangat khas.

Alpukat

Buah alpukat juga dapat diolah menjadi gorengan yang enak. Rasanya pun enak dan sangat creamy.

Gunakan tepung roti atau tepung panir dan telur sebagai baluran dengan bumbu garam, merica, dan jintan.

Digorengnya secara deep fry agar matangnya sempurna. Lalu, disajikan dengan saus cocolan yang dibuat dari mayones dan air perasan jeruk lemon.

Strawberry

Buah cantik berwarna merah ini memang bisa diolah menjadi makanan apa saja, termasuk digoreng. Sebelum digoreng, strawberry dibalut dengan adonan pancake agar tidak merusak teksturnya yang renyah saat dipotong.

Adonan pancake ini bisa diracik sendiri atau yang instan pun boleh saja. Untuk hasil yang lebih nikmat, goreng strawberry secara deep fry dan taburkan gula halus ketika dihidangkan.

Semangka

Ternyata semangka juga termasuk buah-buahan yang bisa digoreng. Buah berair ini bisa dibuat menjadi gorengan dan jadi salah satu camilan renyah.

Tapi, cara membuatnya harus benar, tidak langsung digoreng begitu saja. Kamu harus menggulingkannya pada tepung maizena yang telah dibumbui dan cukup tebal.

Kiwi

Tidak ketinggalan buah kiwi juga bisa digoreng. Cara membuatnya, campurkan buah kiwi dengan tepung sehingga akan menciptakan gorengan ini terasa gurih di luar dan manis di dalam.

Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini ternyata enak juga kalau digoreng. Kurma yang akan digoreng biasanya diisi dengan potongan keju cheddar, kemudian dibalut adonan tepung roti.

Terbayang kan rasa manis bercampur gurih dari lelehan kejunya. Kurma goreng ini cocok juga dijadikan menu untuk berbuka puasa.

Labu

Labu juga termasuk jenis buah-buahan yang bisa digoreng. Kalau bosan makan labu yang dikolak, mungkin labu goreng bisa kamu jadikan pilihan.

Dibandingkan buah lainnya, labu lebih mudah untuk diolah menjadi gorengan. Labu cukup dipotong-potong kecil.

Bumbui dengan sedikit garam dan merica, lalu gulingkan ke tepung terigu, kemudian goreng hingga cokelat menggunakan mentega. Rasanya manis-manis-gurih. (Eva/R3/HR-Online)