Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Jenis Ikan Paus
Ilustrasi Ikan Paus. Foto: Istimewa

Jenis ikan paus memang banyak sekali. Ternyata ada beberapa ikan paus yang memiliki ukuran besar bahkan terbesar di seluruh dunia. Sepanjang sejarah sudah ada ikan paus yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. bahkan lebih besar dari Dinosaurus.

Ikan paus sendiri termasuk salah satu jenis ikan yang istimewa dan cerdas. Karena ikan ini bernapas dengan paru-paru. Agak berbeda dengan ikan pada umumnya yang bernafas dengan insang di dalam air.

Disamping itu salah satu keistimewaan ikan paus adalah satu-satunya jenis mamalia laut yang dapat bertahan di bawah laut selama hidupnya. Oleh sebab itulah ikan paus mudah untuk beradaptasi dengan kedalaman laut meski tak terkira hitungannya.

Ikan paus juga menjadi salah satu jenis ikan yang terbesar di dunia. Hampir semua jenis ikan paus memiliki ukuran besar.

Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia

Lantas apa saja ikan paus yang termasuk kedalam ikan terbesar di dunia? Berikut ini informasi lengkap yang akan menambah pengetahuan anda tentang ikan Paus.

Paus Biru

Paus Biru memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari dinosaurus, bahkan jenis apapun. Ini adalah hewan terbesar yang pernah ada di dunia. Paus biru dewasa bisa memiliki panjang 30 m dan beratnya bisa mencapai 180 ton. Besarnya sama dengan 40 ekor gajah atau 30 ekor tyrannosaurus rex.

Siapa sangka raksasa di antara para raksasa ini ternyata bermula dari hewan yang jauh lebih kecil. Biru atau yang memiliki nama latin  Balaenoptera musculus evolusi dari mamalia berkaki empat yang 40 juta tahun lalu hidup di daratan.

Seperti ikan pada kebanyakan paus biru ini memiliki makanan berupa jenis hewan kecil seperti Crustacesa dan berbagai hewan lainnya. Habitat paus ini menyebar di berbagai samudra seperti samudra hindia atlantik dan pasifik.

Finback Whale

Panjang tubuh Finback Whale ini bisa mencapai 90 kaki dan memiliki berat badan lebih dari 70 ton. Hal ini membuat jenis Finback Whale ini masuk dalam urutan kedua daftar ikan paus yang terbesar di dunia.

Nama lain dari Finback Whale diantaranya adalah razorback, fin whale atau rorqual. Memiliki bentuk tubuh yang sedikit ramping dan warnanya agak keabu-abuan. Saat ini jenis ikan paus Finback Whale ini termasuk di dalam salah satu jenis ikan yang terancam kepunahan.

Right Whale

Right Whale menjadi salah satu jenis paus yang mempunyai tubuh tipis. Namun soal pertumbuhannya paus ini termasuk ke dalam salah satu jenis terbesar di dunia. Asal anda tahu saja, panjang tubuhnya dapat mencapai 60 kaki dan memiliki berat hingga 100 ton.

Salah satu ciri khas yang ada pada Right Whale ini adalah memiliki kapalan di kepala. Disamping itu, ada lubang napas atau lubang semburan yang unik seperti huruf V. Sementara warna ikan ini ada yang memiliki warna abu-abu tua dan hitam.

Disamping itu, Right Whale termasuk ikan paus yang punya lemak yang tinggi dan mempunyai minyak ikan yang sangat banyak.

Bowhead Whale

Selanjutnya ada ikan paus terbesar yang ada di dunia dengan nama Bowhead Whale. Panjang tubuh ikan ini dapat mencapai 66 kaki dan memiliki berat tubuh 74 ton. Bowhead Whale ini termasuk ke dalam jenis ikan paus yang berenang lambat.

Bowhead Whale seringkali ditemukan di perairan artik. Oleh sebab itu ikan paus ini juga sering disebut dengan Artctic Whale atau Greenland Right Whale. Disamping itu mereka juga punya lapisan lemak dengan ketebalan 45 cm untuk menahan udara dingin.

Namun sayang ikan paus ini termasuk kedalam jenis langka. Di mana populasinya semakin menurun tiap tahunnya. Hal ini adalah akibat dari eksploitasi laut yang tidak bijak dan berlebihan.

Sperm Whale

Ikan paus dengan jenis Sperm Whale ini bila sudah dewasa panjangnya dapat mencapai 67 kaki dan berat badannya dapat mencapai 56 ton. Di samping itu, ukuran otak dari ikan ini adalah yang terbesar dari semua jenis hewan yang ada di dunia. Otak ikan paus Sperm Whale ini beratnya hingga 9 kilogram.

Ikan ini diberi nama paus sperma atau Sperm Whale karena jenis ini dapat menghasilkan minyak spermaceti yang diproduksi dari kepalanya. Sementara habitat ikan ini dapat ditemukan hampir di semua lautan yang ada di dunia ini.

Orca Whale

Orca Whale merupakan salah satu jenis ikan paus terbesar yang ada di dunia dan sudah terkenal. Ikan ini banyak dikembangbiakkan di berbagai negara sebagai hewan hias untuk akuarium besar. Di samping itu, ikan ini juga dikenal dengan sebutan paus pembunuh.

Ikan paus Orca Whale dapat ditemukan di hampir semua perairan yang ada di bumi ini. Mereka dapat bertahan hidup hingga 60 tahun. Panjang tubuhnya dapat mencapai 32 kaki dan mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Hal ini karena paus ini memiliki ukuran otak yang besar.

Orca Whale termasuk ke dalam jenis ikan paus yang hidupnya sangat sosial atau berkelompok. Setiap kelompok umumnya terdiri dari 5 sampai 100 ekor lebih. Biasanya kelompok ikan paus ini dipimpin oleh betinanya. (R9/HR-Online)