Kebakaran Lahan di Kertaharja Ciamis, 4 Rumah Warga Terancam

Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (07/08/2019), sekitar pukul 13.30 WIB. Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (07/08/2019), sekitar pukul 13.30 WIB. Lahan perkebunan milik warga di Dusun Sarayuda, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, itu habis terbakar.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, diduga api berasal dari bekas pembakaran sampah dedaunan yang dibiarkan.

“Kemudian api menyambar ke lahan bambu milik Yedi A Wahid, yang diperkirakan seluas 300 bata. Di lahan tersebut terdapat daun dan tanaman kering serta limbah pabrik aren yang sudah lama tidak beroprasi, sehingga kobaran api begitu menjadi-jadi,” ujar Ani.

Kebakaran lahan tersebut sempat mengancam 4 rumah warga yang jaraknya hanya 5-10 meter dari lokasi lahan yang terbakar.

Pemadaman api pun didahulukan pada lahan yang dekat dengan rumah warga, kemudian dilanjutkan ke lahan lainnya.

Ani menyebutkan, untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan 1 unit mobil damkar, dibantu 2 unit tangki suplai air BPBD dan PDAM, 1 unit mobil taktis, dan 1 unit mobil PMI.

“Kendala saat pemadaman adalah angin yang sangat kencang dan lokasi yang curam menurun. Namun, berkat perjuangan semua petugas, api akhirnya bisa dipadamkan,” jelasnya.

Kebakaran lahan di Ciamis sejak masuk musim kemarau ini sudah terjadi beberapa kali. Pihak BPBD mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, dan tidak melakukan aktivitas yang memicu kebakaran, seperti membakar sampah di dekat lahan perkebunan.

“Karena hal kecil saja bisa membuat kebakaran yang besar. Jadi harus hati-hati karena sekarang musim kemarau, resiko terjadi kebakaran cukup tinggi,” tandas Ani. (Jujang/R3/HR-Online)