Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisKebakaran Lahap Rumah di Ciamis, Api Sulit Dipadamkan

Kebakaran Lahap Rumah di Ciamis, Api Sulit Dipadamkan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Kebakaran lahap rumah di Ciamis, kali ini rumah milik Atim, warga Sudikampir, Dusun Girimulya, RT 38 RW 08, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ludes dilalap si jago merah, Sabtu (31/8/2019).

Berdasarkan informasi HR Online di lapangan, api diduga berasal dari arus pendek listrik. Warga sekitar yang mengetahui adanya kebakaran tersebut langsung berhamburan dan bergerumun untuk memadamkan kobaran api yang langsung membara dan meluluhlantakan semua bangunan rumah.

Namun, minimnya peralatan serta sulitnya air membuat api dengan cepat melahap dan membakar rumah beserta isinya.

“Saat mengetahui ada kebakaran tadi, warga di sini langsung berupaya untuk memadamkan api. Namun karena tidak ada air, warga pun akhirnya kewalahan dan tidak bisa memadamkan api, semua bangunan habis beserta isinya” terang Asep, tetangga korban.

Kasie Ekbang, Desa Neglasari, Opik, membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, rumah milik Atim tidak bisa terselamatkan akibat api dengan cepat menyebar dan meluluhlantakkan bangunan beserta isinya.

“Meski warga telah berusaha keras untuk memadamkan api, namun tetap saja kewalahan. Hal ini karena situasi sedang kemarau sehingga tidak ada air yang bisa dimanfaatkan untuk menyiram kobaran api,” katanya.

Akibat kejadian ini, kata Opik, pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta.

“Rumah semi permanen beserta seluruh isinya tidak ada yang bisa diselamatkan sedikit pun, sehingga korban mengalami kerugian yang lumayan besar,” terangnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, wilayah Kabupaten Ciamis kerap dilanda kebakaran, seperti pada Kamis (29/8/2019) lalu. Tercatat 3 titik lokasi kebakaran di Ciamis menyulitkan petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) memadamkan api.

Berita Terkait: Dalam Sehari, 3 Kebakaran Terjadi di Ciamis

Pertama, kebakaran lahan milik Ny Aan Andiningsih, istri dari mantan Bupati Ciamis, Soeyoed, terjadi di Dusun Panyingkitan RT 04 RW 01 Desa Panyingkiran Kecamatan Ciamis. 

Kedua, kebakaran terjadi di Desa Pusakanagara, RT 01 RW 02, Kecamatan Baregbeg. Satu rumah milik Wandi ludes terbakar Kamis, sekitar pukul 22.00 WIB. Karena tidak adanya mobil pemadam kebakaran, api dipadamkan alakadarnya oleh masyarakat secara gotong royong.

Ketiga, kebakaran lahap rumah di Ciamis, diketahui rumah Rukiyah (50) di jalan tentara pelajar, Gunung Asih, RT 23 RW 07, Desa Margaluyu, Kecamatan Cikoneng, terbakar pukul 22.30 WIB.

Rumah semi permanen berukuran 8 x 6 milik Rukiyah tersebut hangus terbakar. Pemicu kebakaran berasal dari tungku api di dapur. (Suherman/R7/HR-Online)

- Advertisment -