Kebakaran Pabrik Cengkeh di Pangandaran, Api Sulit Dipadamkan

kebakaran pabrik cengkeh di Pangandaran
Sisa-sisa pabrik cengkeh yang terbakar di Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jum'at (3/8/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Pangandaran, kali ini kebakaran menimpa pabrik cengkeh milik Wawan, salah seorang warga di  Dusun Cikarang, RT 15 RW 07, Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (3/8/2019).

Kebakaran pabrik cengkeh di Pangandaran tersebut sempat membuat warga panik karena takut api merembet hingga ke rumah mereka.

Epul, warga Karangmulya, mengatakan, warga langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun lantaran angin cukup kencang, api sulit dipadamkan, terlebih warga juga kesulitan air saat musim kemarau seperti sekarang.

“Ada juga yang melaporkan kebakaran pabrik cengkeh ini ke pihak kepolisian dan aparat Desa Karangmulya,” kata Epul saat dimintai keterangan, Sabtu (3/8/2019).

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena membenarkan adanya kebakaran pabrik cengkeh di Pangandaran, tepatnya di Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang.

“Pihak BPBD telah mengirimkan mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan alhamdulilah api di lokasi dapat dipadamkan,” kata Nana Ruhena.

Menurut Nana, kebakaran tersebut diduga akibat dari percikan tungku pembakaran pabrik cengkeh.

“Berdasarkan analisis di lapangan, api diduga berasal dari percikan tungku pembakaran, selanjutnya merember ke tempat lain. Di lokasi pabrik juga banyak bahan yang mudah terbakar,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun BPBD Kabupaten Pangandaran memperkirakan kerugian mencapai Rp 400 jutaan berikut aset yang dimiliki oleh pemilik.

Sampai berita ini diturunkan, pemilik pabrik cengkeh yang terbakar di Pangandaran ini masih shock dan belum bisa dimintai keterangan. (Entang/R7/HR-Online)