Ingin Awet Muda? Kenali Manfaat Susu Kedelai

gambar manfaat susu kedelai
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Tahukah anda jika manfaat susu kedelai bisa membuat anda awet muda? Karena itu jika anda ingin terlihat muda dan bebas dari kanker, minum susu kedelai merupakan solusi yang efektif.

Siapapun tentu mengetahui manfaat susu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan sejak lahir, setiap anak akan mengkonsumsi susu sebagai asupan pertama. Baik susu dari ASI maupun susu formula.

Kebanyakan kita mengenal susu yang dihasilkan dari sapi, kambing atau hewan lainnya. Meskipun nutrisi susu hewani juga besar untuk kesehatan namun tak sedikit orang yang tidak cocok dengan susu sapi.

Salah satunya karena susu sapi sering menyebabkan sakit perut. Termasuk susu sapi yang dibuat untuk susu formula juga kerap menyebabkan perut mulas.Karena itulah anak-anak tak sedikit yang kemudian menolak meminumnya.

Namun untuk mencukupi nutrisi dari susu saat ini ada pilihan susu nabati yang tidak menyebabkan sakit perut, yaitu susu kacang kedelai. Bahkan manfaat susu kedelai tidak kalah dibandingkan susu sapi loh. 

Beragam Manfaat Susu Kedelai

Ada banyak manfaat susu kedelai untuk tubuh. Bahkan dibandingkan susu sapi atau susu hewani lainnya, susu dari kacang kedelai ini memiliki banyak keunggulan yang tak ada pada susu sapi.

Berikut ini beragam manfaat susu kedelai yang sebaiknya anda tahu.

Susu kacang kedelai kaya dengan zat gizi yang lengkap, seperti lemak nabati, serat atau fiber,  protein,  karbohidrat, kalsium, vitamin A, B1, B2, E, dan beragam jenis mineral penting lainnya.

Susu kedelai juga mengandung polisakarida, isoflavon, dan kolesterol (baik jenis HDL maupun LDL).

Isoflavon ini ternyata banyak sekali fungsinya. Diantaranya untuk mencegah dan menangkal kanker, mengatasi rematik dan asam urat, mengurangi gejala stroke, mengurangi risiko jantung koroner, dan mencegah penyakit ginjal.

Isoflavon juga bermanfaat dalam mengatasi dan menghilangkan rasa lelah dan lesu, melancarkan pencernaan, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan metabolism, serta mengontrol kadar kolestrol dan kadar gula dalam darah.

Manfaat isoflavon lainnya adalah untuk memperkuat tulang, mencegah obesitas, meningkatkan daya kognitif otak, maupun untuk memperlambat penuaan dini, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sedangkan polisakarida dalam susu kacang kedelai ini berperan penting dalam menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial maupun dalam menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial.

Kandungan polisakarida juga berperan penting dalam pengobatan diabetes mellitus. Hal ini karena mineral ini ikut berperan dalam mengendalikan kadar gula darah sehingga bisa mencegah penyakit gula.

Kacang kedelai yang dijadikan bahan pembuatan susu ini juga mengandung serat jenis gum guar dan mucilage. Serat jenis ini berperan penting dalam mengurangi kadar gula dalam darah serta ikut menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Buat anda yang menjalan diet sangat disarankan minum susu kedelai karena khasiat serat ini yang mempercepat penurunan berat badan. Serat inilah yang membuat perut cepat kenyang dan menunda rasa lapar.

Bau Langu Susu Kedelai

Kelemahan susu kedelai yang sering terlontar adalah bau langunya. Bau ini dianggap kurang sedap dan mengurangi selera untuk mengkonsumsinya.

Padahal, bau langu ini muncul dari isoflavon kacang kedelai saat proses pembuatan menjadi susu.

Besarnya manfaat susu kedelai inilah yang mendorong banyak ahli gizi yang menyarankan agar susu nabati ini dikonsumsi setiap hari. Bahkan susu kacang kedelai merupakan pengganti terbaik susu formula.

Mengkonsumsi susu kedelai juga tidak akan membuat gemuk atau menambah berat badan. Buat anda yang sedang menjalan diet juga bisa memanfaatkan susu nabati ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan kalori hariannya.

Untuk mengoptimalkan manfaat susu kedelai bagi kesehatan sebaiknya dalam pembuatannya menjadi susu menggunkan bahan kacang kedelai organik. (R8/HR-Online)