Kenapa Terjadi Penuaan Dini? Ternyata Ini Alasannya!

penuaan dini
Ilustrasi penuaan dini. Foto: Istimewa

Anda yang sedang mengalami penuaan dini mungkin terkejut dan bingung kenapa ini bisa terjadi sementara usia anda masih tergolong muda. Bahkan tak sedikit wanita yang stres akibat penuaan dini tersebut.

Menjadi tua sebenarnya adalah proses yang alamiah dan akan dialami oleh semua orang. Tak ada manusia atau makhluk hidup yang luput dari hukum alam atau ketentuan Tuhan ini.

Jika digambarkan dengan kurva grafik, maka perjalanan manusia adalah seperti kurva gunung. Berangkat dari sejak lahir kemudian berproses menjadi anak-anak, meningkat remaja, dan orang muda.

Puncak kurva yang populer sebagai masa “keemasan” umumnya terjadi saat usia mencapai 40 tahun. Di usia ini berbagai pengalaman hidup dan pencapaian prestasi telah diraihnya.

Setelah melewati usia itu, manusia pun akan mulai menurun kualitasnya. Kemampuan fisik, daya tahan tubuh, idealisme, hingga emosi akan berubah dan mulai menurun.

Semua orang pasti akan menuju ke proses penuaan itu.  Setelah melalui periode puncak atau masa “keemasan” pada usia sekitar 40 tahun, setiap manusia akan mulai menurun grafik hidupnya.

Penurunan grafik hidup ini juga ditandai dengan kemunduran berbagai fungsi organ tubuh. Pada kondisi inilah banyak orang yang mulai dibayangi dengan berbagai rasa khawatir dan takut saat menjadi tua.

Faktor Penyebab Penuaan Dini

Menjadi tua memang merupakan proses alamiah. Namun jika usia anda masih muda namun muncul tanda-tanda penuaan dini, kenapa hal ini bisa terjadi?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa tak kurang dari sepertiga orang lanjut usia di Negeri Paman Sam itu ternyata kekurangan kalsium.

Temuan ini cukup mengejutkan mengingat dari segi ekonomi kebanyakan orang kulit putih Amerika bukan orang miskin. Kekurangan asupan kalsium bukan karena tidak mampu membeli makanan melainkan karena gaya hidup.

Sebuah riset lainnya juga menemukan fakta yang tak jauh berbeda. Riset ini menemukan bahwa 75 persen wanita dan 50 persen pria berusia lanjut di Amerika juga mengalami kekurangan vitamin A.

Sebagai warga AS tentunya mereka bukan orang miskin yang tidak mampu membeli wortel atau sayuran berwarna yang kaya vitamin A.

Bahkan penelitian ini juga menemukan bahwa warga Amerika berumur 60 tahun keatas menderita prevalensi anemia. Uniknya, kondisi ini terjadi akibat mereka kekurangan zat besi.

Sementara itu beberapa tanda penuaan dini yang kerap ditakuti banyak wanita adalah munculnya garis halus di sekitar wajah, kantung mata yang agak mengendur, ataupun kulit wajah atau tangan yang mengering.

Ternyata ada sejumlah faktor penyebab yang menjadi pemicu munculnya sejumlah tanda penuaan yang belum waktunya tersebut. Beberapa yang sering terjadi antara lain:

Kurangnya Asupan Makanan

Kesehatan kulit dan tubuh sangat ditentukan oleh asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Meskipun saat masih muda tubuh mampu memproduksi berbagai zat penting namun tak semuanya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Karena itulah makanan yang dikonsumsi sudah semestinya memperhatikan kebutuhan tubuh. Jika anda tidak memperhatikan asupan makanan sehat yang dibutuhkan tubuh, proses regenerasi sel-sel dalam kulit dan tubuh juga kurang optimal.

Kurang Berolah Raga

Olah raga maupun aktivitas yang bersifat fisik sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Minimnya aktivitas fisik justru akan membuat organ tubuh tidak optimal dalam menjalankan fungsinya.

Pemakaian Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang berlebihan merupakan faktor penyebab yang umum dialami perempuan yang mengalami penuaan dini sebelum waktunya.

Pemakaian kosmetik sebenarnya tak akan berdampak buruk jika menggunakan bahan kosmetik yang baik dan tidak malah merusak kulit. Termasuk kedisiplinan dalam membersihkannya saat di rumah.

Jika wanita kurang telaten dalam melakukan perawatan wajah, maka wajar saja jika kulit wajah akan lebih terdampak akibat bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik yang digunakan.

Dengan memahami berbagai penyebab terjadinya tanda penuaan dini anda tentunya akan lebih bijak untuk mencegahnya bukan?! (R8/HR-Online)