Kendaraan Besar Jalan Siang Hari di Pangandaran Dikeluhkan Pengendara

Kendaraan Besar
Truk tronton yang melintas di wilayah Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pengguna kendaraan di Pangandaran mengeluhkan banyaknya kendaraan besar seperti truk kontainer maupun tronton melintasi jalan nasional di Pangandaran pada waktu siang hari. Padahal, kendaraan besar tersebut dilarang melintas pada siang hari.

Wawan, salah satu pengguna jalan, mengatakan, hilir mudiknya kendaraan besar tersebut selain dilarang juga berdampak besar terhadap arus lalu lintas, khususnya pada siang hari. Sebab, di titik lokasi tertentu kerap menyebabkan kemacetan.

“Padahal sudah jelas dalam peraturan bahwa truk tronton, kontainer maupun truk besar sejenisnya dilarang melintasi jalan nasional pada siang hari. Kalau dilakukan, itu jelas melanggar aturan dan mengganggu aktifitas masyarakat pengguna pengendara jalan lainya. Kami harap itu ditindak tegas oleh petugas,” kata Wawan kepada Koran  HR, Selasa (13/8/2019).

Hal senada juga dikeluhkan Panit Lantas 1 Polsek Pangandaran, Iptu Dahlan. Dirinya meminta kepada pengusaha dan masyarakat Pangandaran untuk tidak menjalankan kendaraan besar tersebut pada siang hari sebagaimana dalam aturan.

“Truk besar dibolehkan melintasi jalan nasional pada malam hari, itu jauh lebih baik. Jika dipaksakan berjalan pada siang hari, tentunya pasti akan mengganggu pengendara jalan lainya,” jelas Iptu Dahlan.

Meski pihaknya kerap memberikan teguran kepada mereka, kata Dahlan, namun tetap saja membandel. Karena itu, ia harap pengusaha ataupun masyarakat yang memiliki kendaraan tersebut untuk menaati peraturan.

“Selain demi kenyamanan selama perjalanan, juga demi lancarnya arus lalu lintas di sini,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)