Beragam Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat air kelapa muda sangat banyak karena diyakini jauh lebih bagus dibanding dengan minuman penambah energi yang menggunakan bahan kimia dan soda. Photo : Net/Ist.

Manfaat air kelapa muda sangat banyak karena diyakini jauh lebih bagus dibanding dengan minuman penambah energi yang menggunakan bahan kimia dan soda. Di Indonesia sendiri sebagai negara tropis banyak terdapat pohon kelapa.

Sehingga, air kelapa sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terlebih minuman air kelapa muda banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan.

Penasaran apa saja manfaat air kelapa muda bagi kesehatan? Berikut ini informasi lengkapnya yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Rabu (21/08/2019).

Menjaga Tekanan Darah, Kolesterol & Gula Darah

Hasil sebuah penelitian menjelaskan bahwa air kelapa memang mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah.

Sengan begitu, manfaat air kelapa mampu membuat sirkulasi darah menjadi meningkat, penurunan tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Selain itu, air kelapa muda juga mampu membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), meningkatkan sensivitas pada insulin, mengontrol penyerapan kadar gula, dan serta mampu mengurangi terjadinya pembentukan plak pada gigi seseorang.

Menjaga Sistem Pencernaan

Sejak dulu air kelapa muda telah dipercaya mampu mengobati atau mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan system pencernaan.

Air kelapa muda pada umumnya dikonsumsi untuk mengatasi diare, cacingan, konstipasi, infeksi kandung kemih, dan gangguan pencernaan lainnya.

Jadi, salah satu obat termudah untuk bisa mengembalikan cairan tubuh saat terkena diare adalah air kelapa muda. 

Osmolaritas air kelapa ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy). Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan mengonsumsi air kelapa muda untuk mengobati diare.

Hal itu karena air kelapa memiliki kandungan asam amino, mineral, asam lemak, dan juga enzim yang sangat tinggi.

Tak hanya itu, minuman tersebut juga mengandung natrium dan klorida yang rendah, serta berbagai enzim yang mampu untuk membantu sistem pencernaan.

Menjadi Anti-Aging

Manfaat air kelapa muda selanjutnya pasti akan membuat para wanita langsung memburu air dari buah tersebut. Karena ternyata bisa memperlambat gejala penuaan dini.

Air kelapa muda mampu membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan terlihat lebih muda karena memiliki kandungan sitokinin yang sangat tinggi.

Kandungan sitokinin merupakan salah satu hormon pertumbuhan yang mempunyai sifat sebagai anti-aging, antikarsiogenik, dan antitrombotik.

Dengan adanya sifat tersebut membuat air kelapa mampu mengatur perkembangan, pertumbuhan dan penuaan pada sel di kuit, terutama kulit wajah.

Selain itu, sitokinin juga bisa menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh sehingga mampu untuk menghidrasi serta memperkuat jaringan ikat.

Lebih Baik dari Minuman Berenergi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa air kelapa muda lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan minuman berenergi yang mengandung bahan kimia dan soda.

Sebab, air buah kelapa muda merupakan minuman isotonik yang diproses secara alami, tanpa menggunakan bahan dan alat tertentu.

Meskipun begitu, untuk bisa mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang selama berolahraga, kamu harus mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak.

Ahli gizi olahraga, Nancy Clark, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang telah hilang, air kelapa tidak akan mencukupinya kecuali diminum secara banyak.

Tak hanya itu saja, dalam beberapa kasus, minuman berenergi justru menimbulkan sakit perut, rasa mual, hingga kenyang. Berbeda dengan air kelapa muda yang tidak menimbulkan gejala apa-apa.

Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa dengan cara menyeimbangkan kadar kolesterol. Dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantunya.

Hal itu karena air kelapa memiliki kandungan yang bisa menurunkan kolesterol buruk sekaligus akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Untuk menjaga kolesterol serta mendapatkan dampak postif yang baik bagi kesehatan, disarankan mengonsumsi air kelapa secara teratur.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh, sehingga kamu perlu menjaga kesehatan ginjal.

Kandungan nutrisi dari air kelapa hijau mampu menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk menjaga kesehatan ginjal, konsumsi air kelapa muda secara rutin dan teratur.

Menyembuhkan Alregi pada Kulit

Air kelapa hijau memiliki khasiat yang mampu mengurangi jamur, bakteri, dan virus yang menjadi penyebab alergi kulit.

Untuk membantu penyembuhan, kamu dapat menggunakan air kelapa muda yang dibarengi dengan obat dari dokter.

Mengatasi Rambut Rontok

Jika kamu mengalami rambut rontok, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air kelapa. Karena, air kelapa mengandung glukosa, mineral, fruktosa, sakrosa, dan fruktosa yang ampuh untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Baik untuk Ibu Hamil

Senyawa asam laurat yang terkandung dalam air kelapa muda dapat membantu melawan berbagai macam penyakit.

Senyawa asam laurat juga ditemukan dalam air susu ibu (ASI), dan punya kesamaan manfaat untuk anti jamur, anti bakteri, dan anti virus.

Karena itulah sangat disarankan bagi ibu hamil supaya mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin guna menjaga kesehatan ibu dan janin agar tidak mudah terserang penyakit.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan elektrolit yang dimiliki air kelapa muda bisa menggantikan cairan dan mudah diserap oleh tubuh. Hal inilah yang membuat air kelapa muda banyak dipilih orang untuk menu buka puasa.

Saat berpuasa, tubuh menjadi kekurangan cairan karena tidak minum seharian. Maka, untuk menggantikan cairan yang terkuras selama puasa minumlah air kelapa.

Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air kelapa merupakan minuman yang rendah kalori. Dengan mengonsumsi air kepala bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Minumlah segelas air kelapa sebelum makan, hal ini akan membuat porsi makan kamu menjadi lebih sedikit.

Begitu banyaknya manfaat air kelapa sehingga tak heran jika air kelapa menjadi minuman favorit bagi banyak orang.

Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur untuk merasakan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. (Eva/R3/HR-Online)