Keunikan Jam Astronomi Praha, Jam Tertua di Dunia

Jam Astronomi Praha yang berada di sebuah kota tua di Praha, Cekoslovakia yang bernama Old Town Square
Jam Astronomi Praha yang berada di sebuah kota tua di Praha, Cekoslovakia yang bernama Old Town Square. Foto: net/Ist

Jam Astronomi Praha atau Prague Astronomical Clock merupakan jam tertua di dunia dengan banyak keunikan. Meskipun umurnya telah mencapai 605 tahun, namun jam ini memiliki sistem kerja yang sangat canggih.

Berbeda dengan kebanyakan jam yang kita kenal saat ini, Jam Astronomi Praha berbentuk bangunan besar yang unik. Jam raksasa ini merupakan peninggalan yang sangat bersejarah dan paling fenomenal.

Jam Astronomi Praha yang berada di sebuah kota tua di Praha, Cekoslovakia yang bernama Old Town Square. Foto: net/Ist

Sejarah Panjang Jam Tertua di Dunia

Seperti namanya, Prague Astronomical Clock berada di sebuah kota tua di Praha, Cekoslovakia yang bernama Old Town Square. Jam tertua di dunia ini dibuat pada tahun 1410.

Pembuatnya adalah Mikulas yang berasal dari Kadan dan Jan Sidel yang dikenal sebagai ahli astronomi saat itu. Jam terkenal di seantero jagad ini juga populer dengan sebutan Orloj.

Mungkin karena itulah jam tangan yang sekarang kita kenal sebagai arloji namanya mengambil nama jam yang pertama tersebut. Namun arloji bentuknya sangat berbeda dengan Orloj yang berbentuk bangunan besar.

Nilai sejarah bangunan Orloj yang begitu tinggi ternyata juga didukung proses pembuatannya yang penuh darah. Berdasarkan dokumen yang ditemukan tahun 1961, Orloj juga menyimpan nilai perlawanan ilmuwan terhadap penguasa.

Seperti dikutip Wikipedia dari dokumen itu, para ilmuwan kerap mendapat perlakuan kejam dari penguasa. Para ilmuwan dengan karyanya dianggap menyimpang. Bahkan mereka dituduh sebagai pemicu peperangan.

Prague Astronomical Clock juga beberapa kali direhabilitasi dan dipugar karena mengalami rusak selama perang dunia kedua.

Keunikan dan Daya Tarik Jam Astronomi Praha

Prague Astronomical Clock atau Orloj juga memiliki banyak keunikan yang tidak diketahui kebanyakan orang. Bahkan dibandingkan jam modern yang dikenal saat ini, sistem kerja jam tertua di dunia amatlah berbeda.

Keunikan pertama terlihat dari bangunan Jam Astronomi Praha. Orloj menempel pada bangunan menara dengan bentuk yang unik. Ada tiga bentuk jam yang tertempel pada bangunan dengan fungsi yang berlainan.

Jika anda melihat monumen Orloj mungkin akan bingung. Apalagi sistem kerja jam pertama di dunia ini berbeda sekali dengan jam modern saat ini. Karena itu ada baiknya kita mencoba menengok detailnya.

Tiga komponen jam Orloj ini sebenarnya mengandung edukasi yang penting diketahui. Hal ini berhubungan dengan ilmu astronomi, baik tentang pergerakan posisi matahari dan bulan di langit ataupun perhitungan astronomi lainnya.

Dua lempeng yang terdapat di bagian bawah Prague Astronomical Clock berfungsi untuk perhitungan astronomi maupun kalender. Teknik perhitungannya cukup unik karena mencerminkan cara orang saat itu dalam membaca semesta.

Pada cincin hitam di sekitar Orloj terdapat ornamen berwarna keemasan. Ternyata ini merupakan simbol angka Schwabacher dari huruf Ceko jaman kuno.

Juga terlihat adanya simbol Zodiac dan angka Romawi dengan warna keemasan. Kalau tanda ini merupakan refleksi peredaran matahari dan bumi. Jan Sidel sebagai ahli astronomi ingin mengabadikan teknik perhitungan ilmu itu.

Ada banyak simbol dan ornamen yang sangat unik pada bangunan jam tertua di dunia ini. Jam Astronomi Praha merupakan bukti sejarah yang kongkret bagaimana perkembangan teknologi astronomi di abad pertengahan.

Keunikan dan daya tariknya itulah yang membuat Prague Astronomical Clock begitu terkenal. Jutaan wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun datang ke sini. Orloj merupakan tempat wisata paling terkenal di dunia.

Itulah berbagai keunikan Jam Astronomi Praha atau Prague Astronomical Clock. Bangunan yang juga populer dengan sebutan Orloj ini merupakan jam tertua di dunia dengan perjalanan sejarahnya yang patut kita tahu. (R8/HR-Online)