Kirab 1000 Bendera Merah Putih di Pangandaran, Bendera Berukuran 2700 Meter Diarak Ribuan Warga

Kirab 1000 Bendera Merah Putih
Ribuan warga yang dipimpin Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Ketua DPRD Pangandaran Sementara Asep Noerdin mengarak bendera merah putih berukuran 2700 meter, di Kecamatan Langkaplancar. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kirab 1000 bendera merah putih dan satu bendera merah putih berukuran panjang atau sepanjang 2700 meter yang diarak ribuan warga sukses digelar di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (24/08/2019).

Kirab 1000 bendera ini bertemakan Kirab Kebangsaan yang digagas oleh Forum Pemuda/Pemudi Langkaplancar Bersatu. Acara yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari ormas, LSM, OKP dan anak usia sekolah ini digelar di Desa Pangkalan Kecamatan Langkalancar.

Dalam kegiatan ini sekitar 5000 warga ikut berpartisipasi. Selain mengibarkan 1000 bendera merah, warga pun mengarak bendera merah putih berukuran panjang 2700 meter. Start dimulai dari halaman kantor Desa Pangkalan dan finish di lapangan Sirkuit Desa Pangkalan.

Ketua pelaksana kegiatan Kirab 1000 bendera, Frana Yudha, menyatakan bersyukur kegiatan yang digagas oleh pemuda Langkaplancar berlangsung sukses dan meriah. 

Dia pun menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada seluruh masyarakat Langkaplancar dan semua pihak yang mengikuti serta menyukseskan acara tersebut. Menurutnya, tanpa partisipasi semua pihak acara itu tidak akan berlangsung meriah.

“Kami berharap kegiatan kirab 1000 bendera merah putih ini tidak hanya sekedar serimonial, tetapi juga dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Frana, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Kecamatan Langkaplancar. Terlebih, kata dia, pada masa Pilpres dan Pileg masyarakat tersekat oleh pilihannya masing-masing.

“Dengan momentum ini masyarakat berkomitmen untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan serta melupakan perbedaan saat Pemilu kemarin. Semua masyarakat dari berbagai keberagaman bersatu di sini dan bersama-sama mengibarkan bendera merah putih yang merupakan simbol persatuan,” terangnya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, saat mengarak bendera merah putih berukuran 2700 meter langsung dipimpin oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Ketua DPRD Pangandaran Sementara Asep Noerdin.

Bupati bersama ribuan warga mengarak bendera dengan berjalan kaki dan melewati rute yang medan jalannya turun naik. Arak-arakan ini rupanya cukup melelahkan. Namun dengan semangat yang tinggi lelah pun tidak berasa.

Di sela-sela acara, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, mengapresiasi digelarnya acara kirab 1000 bendara merah putih ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan moment bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran dan khususnya masyarakat Langkaplancar.

“Acara ini baru pertama kali digelar di Pangandaran. Tentu akan menjadi catatan sejarah yang luar biasa. Saya juga tidak mengira kegiatannya bisa spektakuler seperti ini. Langkaplancar memang hebat,” ucapnya.

Jeje menegaskan kegiatan ini harus lebih didalami maknanya ketimbang uforia acara serimonialnya. Sebab, kata dia, makna dari kegiatan ini cukup dalam, yaitu sebagai momentum dalam mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar anak bangsa.

“Ketika semua orang yang hadir di acara ini mengarak dan mengibarkan bendera merah putih, artinya kita ini sama dan dipersatukan dalam kerangka merah putih meskipun dari latarbelakang yang berbeda-beda,” pungkasnya. (Enceng/R2/HR-Online)