Kontrol Gula Darah Anda dengan Sayuran Penurun Kolesterol Terbaik Ini

sayuran penurun kolesterol
Ilustrasi sayuran penurun kolesterol. Foto: Istimewa

Mengkonsumsi sayuran penurun kolesterol merupakan langkah efektif untuk menggendalikan kadar kolesterol dalam gula darah tubuh. Tak sedikit serangan jantung, stroke, dan penyakit mematikan lainnya terjadi akibat kolesterol berlebih.

Setiap manusia memang membutuhkan kolesterol. Fungsi utamanya adalah untuk memproduksi hormon, penghasil vitamin D, maupun pembentukan sel-sel tubuh. Karena itulah keberdaaan kolesterol merupakan hal yang alamiah.

Kolesterol dalam tubuh ini dihasilkan oleh hati. Namun kolesterol juga terbentuk dari makanan yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Tanpa kolesterol tubuh tak akan mampu menjalankan fungsinya secara optimal.

Ada dua jenis kolesterol yang selama ini dikenal, yaitu kolesterol atau lemak yang bersifat baik dan lemak yang jahat.

Lemak atau kolesterol yang baik populer dengan sebutan HDL atau high density lipoprotein. Sedangkan lemak yang bersifat jahat dinamakan LDL atau low density lipoprotein.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kontrol terhadap kadar kolesterol sangat penting. Kalangan medis biasanya menyarankan batas normal untuk kadar koleterol adalah di bawah 200 mg/dl.

Batasan ini terdiri dari kadar HDL yang baik yang direkomendasikan adalah minimal 60 mg/dl.Sedangkan kadar LDL yang aman disarankan tidak lebih dari 100 mg/dl.

Dengan menjaga dan mengontrol kadar kolesterol dalam gula darah tubuh maka kita bisa menjaga kesehatan. Yang lebih penting, makan sayuran penurun kolesterol juga bisa mencegah dari serangan penyakit mematikan.

7 Pilihan Terbaik Sayuran Penurun Kolesterol

Untuk menjaga kesehatan tubuh memang banyak yang harus dilakukan. Selain dengan berolahraga ataupun mengubah gaya hidup sehat, selektif mengkonsumsi makanan juga merupakan bagian penting yang tak boleh dilewatkan.

Dan berikut ini sejumlah sayuran penurun kolesterol terbaik yang sangat direkomendasikan masuk dalam daftar makanan wajib anda.

  1. Wortel

Wortel mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah sayuran ini kaya dengan vitamin A, C, K, asam folat, magnesium, dan mineral lainnya.

Wortel juga dikenal sebagai makanan yang banyak dimanfaatkan untuk detoksifikasi tubuh. Begitu juga kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan.

Wortel juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Bahkan buah berwarna merah ini efektif dalam mencegah proses oksidasi kolesterol jahat (LDL).

2. Brokoli

Sayuran hijau ini juga kaya dengan kandungan kromium, potassium, dan serat yang juga bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol jahat dalam darah sekaligus menurunkan kadarnya.

Mengkonsumsi sayuran penurun kolesterol ini juga bermanfaat dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Bayam

Dalam sayuran bayam diketahui mengandung luthein yang ampuh dalam menurunkan kolesterol darah. Kandungan serat bayam juga bermanfaat dalam mencegah dan menangkal penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

Namun bayam sebaiknya dikonsumsi dengan cara dibuat jus agar manfaat untuk tubuh lebih optimal.

4. Kangkung

Kangkung juga banyak manfaatnya untuk tubuh. Selain kaya gizi, kandungan seratnya bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

Bahkan nutrisi dalam sayuran penurun kolesterol ini juga mampu menangkal penyempitan arteri yang menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah.

5. Seledri

Seledri diketahui kaya dengan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Bahkan kandungan vitamin C ini seledri jauh lebih tinggi ketimbang buah jeruk.

Nutrisi dalam sayuran ini juga berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Namun agar optimal manfaatnya, seledri sebaiknya direbus dan diminum airnya yang telah disaring.

6. Lobak

Lobak diketahui kaya dengan kandungan potassium yang sangat penting perannya dalam mencegah dan menangkal penyerapan kolesterol jahat dalam darah. Sayuran ini juga bermanfaat dalam mengatasi asam urat.

7. Labu Kuning

Nutrisi yang banyak terdapat dalam sayuran ini antara lain vitamin A, C, E, beta karotine, kalium, zat besi, dan serat. Nutrisi ini berperan penting dalam menurunkan kolesterol.

Labu Kuningjuga dikenal sebagai antioksidan yang ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

Demikianlah beberapa sayuran penurun kolesterol terbaik yang sangat ampuh dalam mengontrol dan mengendalikan kontrol gula darah untuk mencegah serangan penyakit mematikan. (R8/HR-Online)

Loading...