Kuliner Asinan Bogor yang Legendaris dan Terpopuler

Asinan Bogor
Ilustrasi Asinan Bogor. Foto: Istimewa

Asinan Bogor merupakan jenis asinan yang mungkin paling enak dan terpopuler di Indonesia. Bahkan asinan asal kota hujan ini termasuk legendaris dan banyak diburu para pecinta kuliner dan traveler di tanah air.

Buat anda yang jalan-jalan ke kota Bogor jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas asinan yang terkenal ini. Bandingkan rasanya dengan jajanan sejenis dari daerah lain, pastinya akan terasa jawaranya.

Asinan Bogor memang sangat spesial. Bukan hanya rasa asam manisnya yang begitu nikmat namun juga pilihan buah dan sayurannya yang tepat. Bumbunya yang begitu pas makin menambah lezat cemilan khas ini.

Makanan asinan bukan saja disukai para wanita namun tak sedikit kaum adam yang menyukainya. Jajanan ini memang identik dengan wanita yang sedang hamil karena biasanya menyukai makanan yang asam manis.

Banyaknya orang yang menyukai cemilan ini membuat banyak orang yang membuka usaha atau ataupun menyediakan menu asinan ini. Tak hanya di Bogor, di berbagai daerah juga banyak usaha semacam ini.

Meskipun banyak usaha atau pedagang yang menjual asinan buah atau sayuran namun asinan khas Bogor tak pernah terkalahkan. Karena itulah orang akan selalu terkenang dengan asinan yang begitu nikmat ini.

4 Pembuat Asinan Bogor Terpopuler

Jika anda berkunjung ke Bogor tak akan lengkap tanpa membeli asinan khas kota ini. Namun sebaiknya anda jangan asal membeli di sembarang tempat. Karena tidak semua penjual asinan di Bogor asli dan enak.

Nah, berikut ini 5 pembuat asinan yang asli. Mereka bukan saja legendaris karena sudah lama berdagang jajanan ini namun juga kualitas bahan dan cita rasanya yang sangat berkualitas.

Asinan Bogor Ahauw

Tempat asinan pertama yang sangat terkenal adalah Ahauw. Saat ini saja usaha ini telah dipegang oleh generasi ketiga keluarga Ahauw.

Awalnya usaha ini dijalankan di Gang Aut namun sekarang sudah pindah ke kawasan di Jalan Roda Ujung No 5 atau di Jalan Surya Kencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah.

Yang istimewa dari asinan buatan Ahauw ini cita rasa asam pedasnya yang sangat lezat dengan isian sayuran yang terbilang komplit. Bahkan buat anda yang senang pedas ada tambahan sambal yang dibuat terpisah.

Untuk asinan buah biasanya terdiri dari kedondong, mangga, nanas, bengkuang, pepaya, jambu air, atau salak. Untuk asinan sayuran ada mentimun, wortel, sayur asin, tauge, kol, tahu, lokio, atau oncom.

Asinan Bogor Gedung Dalam

Asinan asli Bogor ini termasuk legendaris dan terpopuler. Lokasinya di Jalan Siliwangi No. 27 C, Sukasari, Bogor ini tak pernah sepi pembeli. Tempatnya cukup luas dan anda bisa makan di tempat atau dibeli untuk oleh-oleh.

Keistimewaan asinan khas Bogor ini adalah rasa asam pedasnya yang pas, kuah cukanya yang enak,dan juga tekstur buah dan sayurannya yang masih segar tanpa bahan pangawet sehingga sangat nikmat.

Ada beberapa pilihan asinan yang ditawarkan. Untuk asinan buah meliputi buah salak, jambu, bengkoang, pepaya, dan kedondong. Untuk asinan sayur terdiri dari tauge, ketimun, kol, atau wortel.

Asinan Bogor Dewi Sri

Satu lagi tempat pembuat asinan Bogoryang juga legendaris adalah Dewi Sri yang terletak di kawasan Terminal Baranangsiang Bogor. Selain buah dan sayurannya yang masih segar, asinan ini juga sangat nikmat.

Namun anda tak akan bisa menikmati asinan khas Bogor ini di tempat karena lokasi warung yang terbatas. Namun untuk membeli dibungkus pun anda harus rela antri karena banyaknya yang membeli.

Asinan Bogor Ny. Yenny

Asinan buatan Ny. Yenny ini juga termasuk legendaris dan sudah membuat makanan ini sejak lama. Selain sayuran dan buah yang segar, siraman kuahnya yang asam pedas sangat populer dan terlaris.

Lokasinya yang ada di Jalan Bina Marga No. 1 Baranangsiang, Bogor ini selalu dijejali pembeli sehingga anda harus rela mengantri.

Dengan membeli asinan Bogor di tempat pembuat yang legendaris dan terkenal anda tak akan kecewa, bahkan akan selalu ingin datang kembali. (R8/HR-Online)