Kulit Melinjo Bisa Mengatasi Asam Urat, Ini Manfaat Lainnya

Kulit Melinjo Bisa Mengatasi Asam Urat, Ini Manfaat Lainnya
Useng kulit melinjo, yang ternyata selain enak juga kaya akan manfaat. Foto : net/ist

Sangat jarang orang mengetahui manfaat kulit melinjo. Kebanyakan yang tahu bahwa tangkil (dalam bahasa sunda) ini hanya dijadikan sayur asam, serta diolah menjadi emping.

Padahal, kulit tangkil yang sama juga bisa dijadikan “teman” nasi serta cemilan ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, meski kerap yang punya riwayat tekanan darah tinggi dilarang memakannya.

Meski begitu, kulit tangkil ini bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit. Pasalnya, kulitnya kaya akan mineral seperti fosfor, seng serta kalsium, vitamin C, beta karoten dan likopen.

Penasaran dengan manfaat kulit melinjo untuk kesehatan? Berikut HR Online ulas tentang khasiatnya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mengatasi asam urat

Seperti diketahui bahwa memakan tangkil ternyata bisa mendatangkan asam urat karena tingginya kandungan purin. Jadi yang punyai riwayat penyakit ini sebaiknya dihindari.

Namun berbanding terbalik dengan kulitnya, ternyata justru menurut beberapa penelitian kulit tangkil ini bisa mengatasi asam urat. Lho kok bisa?.

Di dalam kulitnya terkandung xantin-oksidase, senyawa yang fungsinya menghambat enzim yang dapat mengakibatkan pensintesis asam urat.

Jadi dengan senyawa xantin-oksidase itu, maka kulit melinjo ini bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi asam urat.

Menjaga ginjal

Kulit tangkil ini di dalamnya juga terkandung fosfor yang berfungsi untuk menjaga kinerja ginjal, sehingga organ yang satu ini tetap bekerja dengan baik dan tidak terserang penyakit.

Selain kandungan fosfor, di dalamnya juga mengandung zat lainnya yang bisa mengontrol kadar cairan pada tubuh, memaksimalkan kinerja organ ginjal, mengeluarkan racun.

Melindungi kulit

Seperti diulas di atas, bahwa di dalam kulit melinjo memiliki kandungan vitamin C serta mineral yang ternyata sangat berguna untuk kulit tubuh.

Untuk mineral sanggup menambah sel darah putih, yang sangat bagus guna mempercepat sembuhnya luka, seperti luka pada jerawat di kulit wajah dan juga menahan peradangan.

Dengan adanya kandungan tersebut, maka sel yang ada di dalam tubuh bisa terlindungi dari serbuan radikal bebas, yang efeknya pada kesehatan kulit misalnya penuaan dini.

Meningkatkan pertumbuhan

Kandungan kalsium yang ada di dalam kulit melinjo juga bisa bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh, terutama dalam pembentukan tulang.

Selain itu, fosfor serta kalium tersebut sangat berguna untuk menjaga kepadatan gigi dan menangkal osteoporosis.

Jadi untuk orang tua, manfaat kulit tangkil ini sama halnya dengan susu yang baik untuk tulang serta gigi. Jadi mulai dari sekarang bisa memasukkan menu kulit melinjo dalam daftar masakan.

Memaksimalkan kerja otot

Jika Anda mau membentuk otot tubuh supaya kuat dan sehat, maka tidak salah jika memakan kulit melinjo. Pasalnya, di dalamnya terkandung protein yang perannya untuk memaksimalkan otot.

Tentunya, sayuran atau makanan olahan yang bersumber dari kulit tangkil ini, bisa dijadikan obat alami untuk memperkuat dan memaksimalkan fungsi otot tubuh.

Selain manfaat di atas, kulit tangkil juga berkhasiat untuk melindungi mata, mencegah kanker, pereda nyeri dan anti radang. Hal itu dikarenakan adanya kandungan beta karoten.

Bukan hanya itu, kulit melinjo ini juga bisa dijadikan bahan pewarna makanan yang alami. Sedangkan kandungan likopen berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa mengeluarkan racun.

(Adi/R5/HR-Online)