Lagi, Perkebun Jati di Ciamis Kebakaran

Perkebunan Jati
Kebakaran di Perkebunan Jati yang ada di wilayah Pamarican, Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lahan perkebunan jati milik Perhutani di Wilayah Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali terbakar sekitar pukul 14.30 WIB, Sabtu (10/08/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 5 hektar lahan perkebunan tersebut ludes terbakar. Sementara warga baru mengetahui kejadian tersebut sekitar pukul 14.30 WIB.

Kepala Desa Sukahurip, Turiman, mengatakan, sumber api belum diketahui secara jelas. Namun untuk lokasi yang terbakar berada di petak 77d.

“Sumbernya tidak ada yang tahu dari mana. Hanya saja warga sudah melihat kobaran di sekitar bukit Gegerbentang,” kata Turiman.

Sementara itu, Kapolsek Pamarican, AKP Subagja, mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga dan langsung menerjunkan beberapa personilnya untuk membantu Perhutani memadamkan api dengan alat seadanya.

“Karena medan kebakaran cukup rumit dan tidak bisa masuk kendaraan pemadam, maka evakusi tadi menghabiskan waktu lumayan lama. Sekitar 5 jam kita berjibaku untuk memadamkan api,” katanya  kepada HR Online.

Dalam pemadaman ini, dilakukan oleh Perhutani, BPBD Ciamis, Tagana, Kepolisian, TNI serta dibantu oleh warga sekitar. Sedangkan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.00 WIB. (Suherman/R6/HR-Online)