Lama Vakum, Grup Musik Tradisional Asal Langkaplancar Pangandaran Ini Eksis Lagi

Grup musik tradisional asal Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Dongkol Grup, usai pentas memeriahkan HUT RI ke-74 tahun 2019. Photo : Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Setelah vakum lama, Dongkol Grup merupakan grup musik tradisional asal Dusun Cigorowek, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang dibentuk tahun 1973 silam, kini kembali bangkit.

Alat musik yang digunakan oleh Dongkol Grup semuanya berbahan dari bambu yang dibuat menyerupai lodong dengan berbagai ukuran, agar suara yang didapatkan terdengar lebih merdu.

Pendiri Dongkol Group, Agus Salim, mengatakan, grup musik tradisional ini dibentuk pada bulan Agustus 1973, dan mulai manggung pada acara resepsi Agustusan di tahun yang sama.

“Sejak tampil perdana di acara resepsi Agustusan tahun 1973, kami sering dipanggil ke acara hajatan. Dari panggung ke panggung kami memainkan musik tradisional dengan jumlah personil 10 orang,” tuturnya, kepada HR Online, Minggu (25/08/2019).

Namun sayang, lanjut Agus, Dongkol Grup tidak bertahan lama karena personilnya banyak yang merantau ke luar kota. Padahal, grup musik tradisional ini sudah memiliki banyak penggemar.

“Sekarang, karena banyaknya permintaan dari masyarakat, maka kami pada awal tahun 2019 ini mencoba membangkitkan kembali, dan alhamdulillah setiap tampil selalu dibanjiri penonton. Insya Allah, Dongkol Group ini akan berjaya lagi seperti 46 tahun lalu,” ucapnya. (Cenk/R3/HR-Online)