Lestarikan Budaya, Pemdes Indragiri Ciamis Gelar Lomba Senam Kreasi Daerah

Lomba Senam Kreasi Daerah
Salah satu kelompok peserta lomba senam kreasi daerah di halaman kantor desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Rabu (14/8/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Perwakilan dari 5 Dusun di Desa Indragiri, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Ciamis, mengikuti lomba senam kreasi daerah di halaman kantor desa, Rabu (14/8/2019).

Asep Muslih, salah satu panitia lomba senam tersebut, menerangkan, lomba senam kreasi daerah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Agustusan di Desa Indragiri.

“Pada lomba ini, tiap-tiap Dusun mengirimkan satu kelompok, mereka saling menunjukkan kreasi khas gerakan senam dari masing-masing Dusun,” kata Asep.

Lanjut Asep, senam kreasi daerah merupakan olahraga yang dilakukan secara berkelompok. Tujuan dari lomba senam tersebut, selain membudayakan dan memasyarakatkan olahraga, namun ada juga sisi kearifan lokal yang diangkat.

“Bukan hanya memasyarakatkan olahraga, namun tujuannya juga agar generasi penerus tetap mengenal keanekaragaman budaya di daerahnya,” terang Asep.

Dalam rangka HUT RI ke-74 tersebut, lomba senam kreasi daerah didasari kultur budaya yang dimiliki daerah.

“Di sisi lain senam kreasi daerah ini juga merupakan olahraga yang sangat merakyat. Serta bisa mengekspresikan diri melalui senam atau misalnya lewat baju yang dikenakan,” kata Asep.

Menurut Asep, senam kreasi daerah tidak semata sebagai aktualisasi dari olah tubuh, tetapi juga aktualisasi dari budaya.

“Dalam proses penilaian senam kreasi daerah yang dilakukan oleh para juri dilihat dari

aspek kualitas, gerak dan kebugaran, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan para juri sebelumnya,” terangnya.

Asep juga berpesan kepada para peserta lomba agar memberikan penampilan yang terbaik. “Kalah menang itu biasa, yang luar biasa kita tetap kreatif, inovatif dalam situasi dan keadaan apapun,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)