Lomba Emak-emak Naikan Bendera Semarakkan Perayaan HUT RI di Pangandaran

Emak-emak di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, saat mengikuti lomba menaikkan bendera merah putih dalam menyemarakkan peringat HUT RI ke-74. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Lomba emak-emak menaikan bendera menyemarakkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kegiatan yang digelar oleh Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) tingkat Kecamatan Cigugur itu nampaknya berbeda dengan perayaan HUT RI tahun sebelumnya.

“Kegiatannya memang berbeda, tahun ini kita membuat yang lebih bagus dan mengundang gelak tawa para penonton, seperti halnya saat lomba emak-emak menaikan bendera,” kata Camat Cigugur, Erik, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela kegiatan, Jum’at (16/08/2019).

Pasukan baris-berbaris di tengah lapangan yang siap mengibarkan bendera itu sekilas memang terlihat seperti para pelajar siswi SMA lengkap dengan seragam putih abunya.

Namun, bila dilihat dari dekat mereka bukanlah anak sekolah melainkan emak-emak yang sengaja berpakian seragam SMA ketika mengikuti lomba menaikan bendera merah putih.

“Ya, kegiatan hari ini sangat seru, di mana ada lomba emak-emak menaikan bendera merah putih. Para penonton yang hadir pun sampai tertawa terbahak-bahak melihat peserta lomba banyak yang melakukan kesalahan,” ujar Erik.

Tapi, ada juga emak-emak yang terlihat mahir saat melakukan baris-berbaris. Keragaman itulah yang menjadi keseruan dalam suasana menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-74 ini.

Sementara itu, bagi peserta yang berhasil meraih juara, pihak panitia akan mengumumkannya usai pelaksanaan upacara HUT RI, 17 Agustus 2019 (hari ini) di Kecamatan Cigugur. (Ntang/R3/HR-Online)