Lomba Permainan Tradisional Semarakan Peringatan HUT RI di Rancah Ciamis

Seorang anak di Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, saat mengikuti lomba permainan tradisional berupa lomba eggrang yang digelar dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-74. Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC) Galuh Taruna Bandung, menggelar berbagai lomba permainan tradisional dalam rangka menyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, di Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (15/08/2019).

Pelaksanaan perlombaan permainan tradisional yang diikuti oleh anak-anak di Desa Patakaharja, merupakan salah satu rangkaian kegiatan bakti sosial kemasyarakatan KMC Galuh Taruna Bandung.

Beberapa permainan tradisional yang dilombakan diantaranya lomba egrang, bakiak, egrang batok, makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, dan lainnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Alfian Arif, mengatakan, saat ini permainan tradisional anak-anak mulai kurang diminati karena tersaingi oleh game dalam gawai. Padahal, permainan tradisional sangat bermanfaat bagi perkembangan karakter serta motorik anak-anak.

“Maka, sebagai upaya dalam melestarikan permainan tradisional anak-anak, kami sengaja menggelar lomba tradisional ini. Karena kami khawatir apabila tidak sering dilaksanakan lomba seperti ini, anak-anak tidak akan mengenal warisan permainan dari orang tua kita dulu,” terangnya, kepada HR Online.

Alfian juga mengatakan, dengan diadakannya lomba tradisional ini bisa menjadi sarana bagi anak-anak serta masyarakat untuk ngamumule warisan budaya, sehingga jejak peninggalan warisan nenek moyang dapat terjaga dengan baik dan tetap menjadi kebanggaan.

Sementara itu, Sekretaris Desa Patakaharja, Kustaman, mengaku pihaknya menyambut baik kegiatan KMC Galuh Taruna Bandung dalam upaya melestarikan permainan tradisional.

“Melalui kegiatan ini kami harap anak-anak bisa lebih mencintai budaya kaulinan baheula, dibandingkan dengan sekarang main game di HP, karena itu kurang baik,” katanya. (Jujang/R3/HR-Online)