Lulusan SMKN 2 Ciamis Banyak Diterima Kerja di Luar Negeri

Lulusan SMKN 2 Ciamis
Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Ciamis, Ugi Sugianto. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Ciamis, Ugi Sugianto, mengatakan lulusan SMKN 2 Ciamis bukan hanya mampu bersaing di tingkat lokal, namun sudah bisa bersaing secara global.

Ugi menyebut, lulusan SMKN 2 Ciamis ada yang bekerja dan bersekolah di luar negeri, terutama di Jepang, karena pihak sekolah bekerjasama dengan 3 lembaga asal Jepang, yaitu Japan Indonesia Association For Economy Cooperatian (JIAEC), Sentra Global Edukasi (SGE) dan Indonesia Japan Business Forum (IJBF). 

“Program ini terus berjalan rutin setiap tahun dan hanya dikhususkan untuk lulusan SMKN 2 dimana lulusannya bekerja atau diterima di industri luar negeri,” terang Ugi saat ditemui HR Online, Rabu (7/8/2019).

Ugi mengatakan SMKN 2 Ciamis sudah 3 tahun lebih bekerjasama dengan lembaga penyaluran tenaga kerja maupun sekolah lanjutan di Jepang. Alhasil banyak alumni SMKN 2 Ciamis yang bekerja maupun melanjutkan kuliah di Jepang.

“Bukan hal yang mudah bagi para lulusan kami bekerja di luar negeri, terutama di Jepang. Banyak tahapan-tahapan yang harus dilalui, salah satunya yaitu mental untuk bekerja dan alhmdulilah lulusan dari SMKN 2 selalu lolos dalam seleksi,” ungkapnya. 

Pihaknya juga mempersilakan lulusan SMK lain yang ingin ikut program magang/kuliah di Jepang. “Bisa langsung menghubungi BKK SMKN 2 Ciamis, peluang masih banyak karena banyak juga perusahaan yang membutuhkan,” katanya.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 2 Ciamis, Asep Agus, membenarkan lulusan sekolahnya banyak diterima di perusahaan luar negeri.

“Kami pihak sekolah sangat serius dalam mendidik anak untuk menciptakan mental dalam bekerja, diketahui  bahwa  lulusan SMK harus mempunyai keterampilan yang handal sesuai dengan jurusanya,” paparnya.

Lanjut Asep Agus, pihak sekolah selalu bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang ada di Indonesia maupun di luar negeri dalam penyerapan tenaga kerja.

“Alhamdulilah SMKN 2 Ciamis masih dipercaya untuk menyalurkan anak didik dalam persaingan dunia kerja, ya pihak sekolah dalam penyaluran tenaga kerja selalu bekerja sama setiap tahunnya, entah itu dengan perusahaan lokal maupun internasional,” katanya. 

Asep menambahkan setiap tahunnya lulusan SMKN 2 Ciamis selalu ada yang bekerja di luar negeri terutama di Jepang dikarenakan pihak sekolah bekerjasama dengan beberapa lembaga di Jepang dalam pengeluaran tenaga kerja  . 

“Setiap tahunnya SMKN 2 Ciamis bekerja sama dengan beberapa lembaga di Jepang untuk penyaluran tenaga kerja dan alhamdulilah masih dipercaya,” ungkapnya. 

Asep berharap lulusan SMKN 2 mampu bersaing dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia maupun di luar negeri.

“Susah cari kerja, tapi lulusan SMKN 2 Ciamis semoga bisa bersaing dengan lulusan lain di Indonesia maupun secara global,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...