Makanan Kuliner Khas Cirebon yang Unik dan Bikin Kangen

kuliner khas Cirebon
Nasi Jamblang merupakan makanan kuliner khas Cirebon yang paling legendaris. Foto: Istimewa

Mengunjungi Cirebon tak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Cirebon yang terkenal unik, enak, dan berbeda. Keunikan makanan khas ini bukan saja dari bentuk atau bahannya namun juga dari namanya.

Cirebon merupakan kota besar yang sangat stategis. Lokasinya yang ada di jalur pantura menjadi pusat lalu lintas bisnis dan perdagangan. Karena itulah kota ini termasuk pesat perkembangannya.

Kota Cirebon juga dikenal sebagai pusat wisata kuliner yang penting di Provinsi Jawa Barat. Dari jajanan tradisional, makanan khas, hingga oleh-oleh khas Cirebon yang legendaris dan selalu diburu wisatawan.

Nasi jamblang, nasi lengko, maupun empal gentong merupakan beberapa makanan khas Cirebon yang amat legendaris. Warga kota ini memang terkenal kreatif dalam mengolah makanan unik yang enak.

Daftar Makanan Kuliner Khas Cirebon yang Legendaris

Jika anda sedang jalan-jalan atau mengunjungi Cirebon, berikut ini makanan khas kota ini yang terpopuler dan sangat legendaris. Amat sayang jika anda tak sampai mecicipi atau membelinya untuk oleh-oleh.

Nasi Jamblang

Nasi jamblang juga sangat legendaris sebagai kuliner khas Cirebon yang banyak diburu wisatawan. Makanan berat ini terdiri dari nasi yang dilengkapi dengan beragam jenis lauk yang bisa anda pilih.

kuliner khas Cirebon
Nasi Jamblang merupakan makanan kuliner khas Cirebon yang paling legendaris. Foto: Istimewa

Yang membuat makanan ini unik karena nasi dibungkus dengan daun jati. Selain itu lauknya terdiri dari lauk cumi hitam, sate kentang, pepes telur asin, otak sapi goreng, atau lauk lainnya.

Pedagang yang terkenal dengan makanan ini adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cangkring II, Kota Cirebon.

Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon lainnya yang juga sangat populer adalah empal gentong. Empal daging sapi ini tak berbeda dengan umumnya empal. Namun empal gentong khas Cirebon bentuknya lumayan besar.

Empal Gentong

Yang bikin istimewa makanan ini adalah teksturnya yang empuk dan rasanya yang enak. Kemampuan membuat empal khas ini tak akan ditemukan di tempat lain.

Salah satu pembuat makanan khas yeng terkenal ini adalah Empal Gentong Haji Apud yang berlokasi di Jalan Raya Ir Haji Juanda Cirebon.

Mie Koclok

Berbeda dengan mie kocok khas Bandung, makanan khas Cirebon ini lebih istimewa dan enak. Kuah santan yang kental dalam mie koclok Cirebon inilah yang membuatnya terkenal.

Mie Koclok

Apalagi dengan taburan suwiran daging ayam, tauge, telur, dan bawang goreng. Rasanya sangat khas dan nikmat. Penasaran? Datang saja ke warung Mie Koclok Jatimerta di Jalan Kartini, Kejaksan, Cirebon.

Seafood Jumbo

Sebagai daerah di kawasan pantura, Cirebon juga terkenal dengan olahan hasil lautnya. Hasil laut yang tak boleh anda lewatkan adalah makanan seafood khas Cirebon yang terkenal enak dan lezat.

Seafood Jumbo

Lokasi yang rekomended untuk berburu seafood Cirebon adalah Restorant Seafood Jumbo yang terletak di Jalan Siliwangi. Selain lezat, porsi masakan seafood di sini berukuran jumbo yang bakal bikin puas.

Kerupuk Udang

Untuk jenis oleh-oleh khas Cirebon yang sangat terkenal diantaranya adalah kerupuk udang. Sebagai daerah di kawasan pantai, udang merupakan salah satu hasil laut utama kota ini.

Kerupuk Udang

Olahan udang ini juga sangat khas dan berbeda dibandingkan kerupuk sejenis daerah lain. Apalagi rasa udangnya pada cemilan ini sangat khas dan kuat. Cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Teh Upet

Kuliner khas Cirebon lainnya yang juga terkenal adalah teh upet. Minuman ini merupakan jenis teh poci namun dengan cita rasa yang sangat khas.

Selain aromanya yang sangat harum, cita rasa teh upet yang agak sepet juga amat khas namun sangat nikmat.

Teh Upet

Teh upet merupakan produk minuman yang diproduksi secara turun temurun. Sentra pembuatan teh upet khas Cirebon yang legendaris adalah yang ada di Jalan Kanoman sehingga populer disebut teh upet Kanoman.

Itulah beberapa makanan khas Cirebon yang sangat legendaris. Jika anda berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Cirebon yang bakal bikin nagih. (R8/HR-Online)