Makanan Penurun Darah Tinggi: Buah-buahan dan Sayuran yang Mudah Didapat

makanan penurun darah tinggi
Beberapa sayuran penurun darah tinggi. Foto: Net/Ist

Makanan penurun darah tinggi bisa jadi salah satu alternatif mengatasi tekanan darah tinggi. Selain mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter, sejumlah makanan ini bisa jadi asupan para penderita darah tinggi atau hipertensi. Bisa sayuran penurun darah tinggi maupun dari buah-buahan.

Penderita darah tinggi biasanya mengonsumsi obat penurun darah setiap harinya. Namun, selain konsumsi obat-obatan, penderita hipertensi juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Cara menurunkan darah tinggi secara alami salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, termasuk juga biji-bijian tertentu yang mudah untuk didapat. Sehingga harganya pun sangat terjangkau. Tekanan darah pun bisa dikontrol dengan memanfaatkan makanan alami ini.

Manfaat lainnya, jika Anda rajin mengonsumsi makanan ini, maka Anda tidak harus terus bergantung pada obat darah tinggi yang harus Anda konsumsi,

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi dari Buah-buahan

Ada buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menurunkan darah tinggi, berikut daftar buah-buahan penurun darah tinggi:

Pisang

Buah pisang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini lantaran pisan memiliki kadar kalium dan potassium yang berguna dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, pisang juga bisa menyeimbangkan dampak dari konsumsi garam pada penderita hipertensi.

Jeruk

Jeruk dikenal kaya vitamin C, ternyata jeruk juga mengandung kalium dan potassium seperti halnya buah pisang. Kandungan kalium dan potassium yang ada pada jeruk mampu membuat aliran darah beredar dengan lancar, sehingga tekanan darah pun bisa dikendalikan.

Melon

Buah melon mengandung potassium yang bisa membuat peredaran darah lancar. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau bisa menikmatinya dalam bentuk jus.

Mengkudu

Konsumsi buah mengkudu adalah salah satu cara menurunkan darah tinggi. Selain itu, buah mengkudu yang memiliki banyak manfaat ini berkhasiat dalam mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat dengan kandungan vitamin E, vitamin C, serat dan kalsium juga memiliki fungsi untuk menurunkan darah tinggi.

Semangka

Buah semangka mengandung kalsium, vitamin A, serat juga lycopene. Semuanya merupakan sumber nutrisi yang dipercaya bisa menurunkan hipertensi. Bahkan, penelitian mengungkap kandungan asam amino pada semangka berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara optimal.

Blewah

Anda mungkin mengenal blewah sebagai buah yang sering digunakan dalam es buah. Rasanya memang menyegarkan, selain itu ternyata blewah juga dipercaya bisa menurunkan darah tinggi.

Nah, itu jenis buah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah yang berguna juga sebagai obat darah tinggi.

Makanan Penurun Darah Tinggi dari Sayuran dan Biji-bijian

Selain beraneka ragam buah yang bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi, sejumlah sayuran dan biji-bijian juga bisa dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi, berikut daftarnya:

Mentimun

Mentimun dikenal sebagai salah satu sayuran penurun hipertensi, pasalnya mentimun memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Mentimun bisa dikonsumsi langsung atau direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Tomat

Tomat mengandung kalium, magnesium dan vitamin C yang mampu menurunkan darah tinggi tanpa efek samping. Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi tomat selama 4 bulan berturut-turut dapat menurunkan tekanan darah secara efektif.

Bayam

Sayuran yang satu ini kaya akan kalium dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebaiknya bayam dikonsumsi ketika dimasak pertama kali. Tidak disarankan untuk memanaskan bayam berulang kali, karena justru bisa menimbulkan penyakit.

Seledri

Seperti umumnya makanan penurun darah tinggi lainnya, seledri juga kaya akan kalsium dan kalium. Bagi penderita hipertensi, Anda bisa memasukan seledri pada makanan yang Anda konsumsi untuk mengendalikan tekanan darah tinggi secara aman.

Bawang Putih

Bawang putih dikenal mampu mengatasi pembekuan darah, selain itu bawah putih juga dipercaya mampu menghindari efek darah tinggi. Anda bisa memasukkan bawang putih pada setiap masakan yang Anda masak, terutama untuk mencegah tekanan darah tinggi Anda kumat, lakukan secara teratur.

Buncis

Sayuran yang lain yang bisa dikonsumsi sebagai cara menurunkan darah tinggi adalah buncis. Buncis kaya mineral dan juga vitamin, sehingga sering dimanfaatkan untuk mengontrol yekanan darah tinggi.

Kentang

Kentang dikenal sebagai sayuran sumber karbohidrat. Kentang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Bukan hanya itu, kentang juga bisa jadi sumber makanan penurun darah tinggi, lantaran kandungan potassium dan magnesium dalam kentang.

Kedelai

Tekanan darah tinggi dapat dijaga dengan konsumsi kacang kedelai. Kedelai mengandung magnesium dan kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah daftar sayuran dan biji-bijian yang bisa dikonsumsi sebagai cara menurunkan darah tinggi secara alami. Selanjutnya Anda pun bisa mengolah sumber makanan tersebut agar bisa dinikmati.

Berikut Cara Mengolah Sayuran dan Buah-buahan Penurun Darah Tinggi

Buah-buahan dan sayuran yang disebut sebagai penurun darah tinggi di atas dapat didapatkan dengan mudah si sekitar Anda. Namun, agar bisa lebih menikmati buah-buahan dan sayuran penurun darah tinggi itu, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu.

Misalnya buah-buahan, selain bisa dikonsumsi langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus buah. Namun hindari penggunaan gula dan susu berlebihan.

Anda cukup memblendernya hingga halus tanpa campuran gula, jika pun harus memakai gula, usahakan tidak terlalu banyak mencampurnya dengan gula.

Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Mudah Dilakukan di Rumah

Begitupun dengan sayur-sayuran, Anda bisa membuatnya menjadi jus sayuran dan mengonsumsinya sebagai cara menurunkan darah tinggi secara alami. Namun, mungkin rasanya terasa kurang enak, bisa jadi Anda tidak akan menyukainya.

Anda bisa menjadikan sayuran penurun darah tinggi menjadi salad. Anda juga bisa merebusnya terlebih dahulu, buncis, kentang, mentimun bisa Anda rebus sebelum dikonsumsi sehingga bisa lebih dinikmati.

Cara menurunkan darah tinggi dengan konsumsi makanan penurun darah tinggi ini dipastikan aman dan efektif. Namun, ingat juga untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan berolahraga, hindari begadang, rokok, dan minuman alkohol. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...