Makna Dibalik Umbul-umbul Agustusan di Ciamis

umbul-umbul Agustusan
Umbul-umbul merah putih di Blok Selapanjang, Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pemasangan umbul-umbul menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia lazim dilakukan di berbagai tempat. Apalagi saat menjelang 17 Agustus nanti, banyak warga yang memasang umbul-umbul Agustusan di sepanjang jalan.

Rupanya pemasangan umbul-umbul Agustusan ini bukan hanya bertujuan untuk menyemarakkan HUT RI yang tahun ini berusia 74 tahun, namun ada makna tersendiri yang layak untuk direnungkan.

Seperti halnya, umbul-umbul di Blok Selapanjang, Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Umbul-umbul berwarna merah putih terlihat terpasang di kiri kanan jalan.

Kades Desa Kawali, Ismail Marzuki, mengatakan supaya terlihat semarak, umbul-umbul di sepanjang jalan menuju Situs Astana Gede tersebut diseragamkan.

“Sengaja diseragamkan merah putih, hal ini di lakukan agar lebih menarik perhatian,” kata Ismail saat ditemui HR Online, Minggu (11/8/2019).

Menurut Ismail, secara tradisional umbul-umbul biasanya hanya terdiri satu warna dan setiap warna memiliki makna khusus tergantung pada jenis upacara.

“Umbul-umbul ini merupakan simbol penanda ada upacara perayaan dan merupakan elemen penting dalam perayaan,” jelasnya.

Sebagai Warga Negara Indonesia, kata Ismail, maka harus bersyukur dengan kemerdekaan Indonesia yang tahun ini sudah 74 tahun.

“Dalam mewujudkan rasa syukur atas kemerdekaan itu dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti pemasangan benda merah putih,” katanya.

Pemasangan bendera merah putih, menurut Ismail, merupakan salah satu upaya sebagai bentuk untuk membangkitkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

“Bentuk apresiasi dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 pada tahun 2019 ini,” katanya.

Ismail menyebut pemasangan umbul-umbul Agustusan juga ditujukan untuk menggugah dan menanamkan rasa nasionalisme terhadap NKRI yang telah merdeka selama 74 tahun.

“Makanya saya senang sekali, ketika warga kompak memasang atribut Agustusan termasuk juga umbul-umbul tujuh belasan ini,” ungkapnya.

Ismail menambahkan, selain pemasangan umbul-umbul merah putih, juga beberapa ruas jalan di Desa Kawali juga dipasang ‘lampu disko’ agar lebih meriah.

“Pemasangan umbul-umbul Agutusan ini diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme, Terutama untuk para generasi muda penerus bangsa wajib memperingati kemerdekaan RI dengan sepenuh hati,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)