Manfaat Buah Naga, Khasiatnya Ternyata Sehebat Naga

manfaat buah naga
Ilustrasi Buah Naga. Foto: Istimewa

Manfaat buah naga untuk kesehatan ternyata amat besar, bahkan bisa dikatakan sehebat naga. Rasa manis buah naga yang enak makin terasa nikmat untuk dijadikan campuran es buah yang menyegarkan.

Buah naga (Hylocereus undatus) populer dengan sebutan dragon fruit dan masuk dalam keluarga kaktus. Buah ini bukanlah asli Indonesia melainkan berasal dari Meksiko dan beberapa negara Amerika Tengah dan Selatan.

Buah naga memiliki bentuk yang unik dan lucu. Selain warna kulitnya yang pink, namun buah ini memiliki kulit bersisik seperti ular. Mungkin karena itu dinamakan sebagai buah naga.

Kulit buahnya memang agak tebal. Namun daging buahnya juga tak kalah tebal dengan warna putih kekuningan yang diselingi dengan begitu banyak biji hitam kecil-kecil.

Daging buahnya memiliki rasa asam manis yang enak dimakan dalam bentuk segar. Buah ini juga enak untuk campuran desert, dibuat sop atau jus buah, dan diolah menjadi minuman segar lainnya.

Daging buah inilah yang diketahui mengandung banyak nutrisi yang sangat besar manfaatnya untuk kesehatan. Buah ini kaya dengan karbohidrat, protein,  magnesium, kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi. 

Sejumlah vitamin penting juga terdapat dalam buah ini, seperti provitamin A (karotenoid), vitamin B2, B3, C, dan vitamin  E.

Buah ini juga diketahui mengandung kadar air yang tinggi, banyak serat, dan kadar gula alami yang lumayan besar. Karena itulah buah ini sangat cocok dijadikan menu minuman maupun dimakan langsung.

Yang menarik, biji buahnya yang berbentuk kecil namun agak pedas rasanya itu diketahui kaya dengan kandungan lipid. Lipid merupakan jenis trigliserida, lemak baik yang sangat penting untuk tubuh.

Beragam Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lantas apa saja sih manfaat buah naga untuk tubuh? Berikut ini beragam khasiat buah bersisik ini, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan yang sebaiknya anda tahu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga yang utama adalah dalam mengontrol kadar kadar gula dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol. Minum buah ini secara rutin akan bisa menjaga kesehatan jantung anda.

Mengobati Kanker

Kandungan vitamin kompleks dalam buah ini juga berkhasiat dalam menangkal dan melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kalangan medis juga menyarankan konsumsi buah ini untuk pasiennya dalam pengobatan kanker.

Mengatasi Osteoporosis

Kandungan kalsium organik dalam buah ini sangat baik untuk menangkal osteoporosis, mencegah pengapuran tulang, serta mengobati asam urat dan rematik.

Penangkal Hipertensi

Manfaat buah naga lainnya adalah untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengobati penyakit diabetes, dan mengatasi  penyakit batuk dan asma.

Melancarkan Pencernaan

Buah ini mengandung banyak serat yang penting untuk melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan buang air besar (BAB), dan mengobati konstipasi. Buah ini juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan.

Baik untuk Menu Diet

Kandungan serat dalam buah ini juga sangat berguna untuk menurunkan berat badan, terutama buat anda yang menjalankan program diet. Karena itu sebaiknya masukkan minuman buah naga dalam menu diet anda.

Meningkatkan Kecantikan

Buah naga juga sangat baik dikonsumsi secara rutin karena kandungan kalorinya yang rendah dan berguna untuk membuat kulit lebih sehat, serta menjaga dan meningkatkan kecantikan tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C dalam buah ini berperan penting sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas, meredakan demam dan flu, meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh, serta menjaga sistem imunitas tubuh.

Itulah berbagai keutamaan dan manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang sebaiknya anda konsumsi secara rutin untuk memberikan manfaat yang optimal. (R8/HR-Online)