Manfaat Liburan Penting Untuk Kesehatan Mental Karyawan, Ini 8 Alasannya

Manfaat Liburan
Ilustrasi Manfaat Liburan. Foto: Istimewa

Manfaat liburan bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi karyawan kantor. Sebab hal ini tentu saja akan membuat pikiran kembali segar dan terhindar dari stress dari tumpukan pekerjaan dan jenuh yang melanda.

Bagi anda yang sudah banyak menghabiskan waktu bekerja setiap hari, khususnya karyawan kantor. Cobalah untuk menyempatkan diri menikmati liburan sejenak dan merasakan manfaat liburan dengan menjauhkan diri dari rutinitas pekerjaan.

Disamping itu, melakukan travelling atau liburan dapat memberikan manfaat yang menguntungkan bagi kondisi mental anda. Sebab anda melakukan kegiatan tersebut dengan rasa yang bebas dari beban.

Manfaat Liburan Bagi Karyawan Kantor

Mengapa banyak yang mengatakan bahwa liburan untuk karyawan kantor sangat bermanfaat bagi kesehatan mental mereka? Jika anda ingin tahu, di bawah ini adalah beberapa alasan yang mendasari mengapa liburan sangat baik dan bermanfaat untuk karyawan kantor.

1. Liburan Bisa Memberikan Kepuasan dan Kebahagiaan

Liburan bisa memberikan kepuasan dari segi psikologis maupun fisik. Dengan melakukan liburan, anda bisa memperoleh keseimbangan antara pekerjaan dan juga kehidupan sehari-hari.

Melakukan kegiatan liburan juga bisa membuat tubuh, pikiran dan jiwa anda kembali segar sesudah jenuh melakukan berbagai macam aktivitas dan rutinitas kerja sehari-hari. Selain itu, anda juga tidak dihadapkan pada tekanan rutinitas saat menikmati waktu liburan anda.

Semua hal itu bisa menjadikan anda merasa puas dan memberikan rasa bahagia. Bahkan bukan hanya saat liburan saja, emosi positif juga bisa bertahan sampai berminggu-minggu kemudian.

Untuk itu, hasil baiknya adalah kesehatan mental anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Bertemu Orang Baru

Anda bisa bertemu dengan orang yang belum pernah anda temui sebelumnya. Anda juga bisa menjadi teman baik mereka, tentunya anda tidak tahu kapan sewaktu-waktu anda membutuhkan pertolongan mereka, bukan?

3. Liburan Membantu Pikiran Tetap Tenang

Bila anda jarang berlibur, otak anda akan terbiasa dengan hal itu. Tetapi sayang, ini bukan pertanda baik. Beberapa ahli saraf mempercayai koneksi saraf yang menghasilkan perasaan tenang bisa melemah saat jarang digunakan.

Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa memberikan dampak terhadap kinerja otak yang sulit masuk ke mode istirahat. Bahkan saat anda tidak sedang bekerja sekalipun. Oleh sebab itu, manfaat liburan dapat membantu koneksi saraf terus bekerja.

4. Hidup Lebih Produktif

Dilanda stres berkepanjangan karena pekerjaan dan kehidupan sehari-hari ini bisa menghambat kinerja otak. Akibatnya adalah produktivitas anda akan menurun dan kesulitan untuk fokus.

Travelling atau liburan bisa mengurangi stres, sehingga anda selalu produktif ketika bekerja. Selain itu, anda juga akan mendapatkan rasa bahagia saat traveling. Hal ini bisa meningkatkan kinerja otak dan memberikan dampak positif terhadap pekerjaan anda.

Seperti yang sudah dibuktikan oleh survei Harvard Business Review. Di dalam survei ini menyebutkan bahwa karyawan yang berlibur ternyata dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Selain itu, mereka juga bisa bekerja lebih produktif jika dibandingkan dengan rekannya yang tidak berlibur.

5. Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Kreativitas

Ternyata liburan bisa meningkatkan konsentrasi serta efektivitas cara berpikir anda. Hal ini bahkan berlaku dalam waktu yang lama.

Saat anda menyempatkan waktu melepas penat dengan liburan dari rutinitas sehari-hari, anda nantinya bisa kembali bekerja dengan percaya diri dan siap menerima tantangan baru.

Bahkan orang yang memiliki kreativitas tinggi juga memerlukan liburan. Anda pasti butuh bagian waktu untuk tidak memikirkan pekerjaan sehari-hari. Karena berpikir menjadi sebuah kegiatan yang menguras tenaga.

Oleh sebab itu anda butuh istirahat sejenak dan pergi berlibur supaya otak dapat kembali pada potensinya yang maksimal. Dengan liburan, otak anda dapat berpikir secara fresh kembali serta menghasilkan solusi dan berbagai terobosan kreatif lainnya.

6. Menurunkan Risiko Gangguan Psikologis

Salah satu manfaat dari kegiatan liburan untuk kesehatan mental adalah menurunkan gangguan kecemasan dan risiko depresi. Sebab liburan bisa menjauhkan anda dari orang-orang serta aktivitas yang memicu produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres.

Bahkan anda tak harus libur panjang agar bisa mendapatkan manfaat ini. Dengan melakukan liburan singkat 3 hari saja sudah bisa menurunkan hormon stres dan bisa menjadikan pikiran anda jernih kembali.

7. Membuat Hubungan dengan Orang Lain Semakin Baik

Liburan bersama atau berbagi pengalaman tentang liburan anda bisa memperkuat hubungan anda dengan orang lain. Pengalaman yang anda dapatkan dapat menjadi topik perbincangan yang menarik.

Kegiatan ini bisa membuat anda semakin paham bagaimana tentang memahami orang lain dan mempererat ikatan emosional. Terlebih lagi bila anda liburan bersama orang terdekat seperti keluarga atau pasangan.

8. Membuat Energi Semakin Meningkat

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan liburan dapat bermanfaat untuk membuat tubuh menyimpan energi lebih banyak. Sehingga saat anda kembali bekerja, semua pekerjaan bisa terasa lebih mudah.

Pada kenyataannya liburan lebih dari sekedar kegiatan menyenangkan di sela-sela sibuknya pekerjaan. Travelling minimal 1 kali setahun bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan mental dan produktivitas kerja anda.

Oleh sebab itu, anda tidak boleh menganggap remeh liburan. Saat anda pergi liburan dan pulang anda akan mendapatkan manfaat liburan dengan merasa lebih segar dan selalu siap melahap semua tugas yang diberikan pada anda. (R9/HR-Online)