Mengonsumsi Telur Rebus Ternyata Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur rebus ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, dibandingkan dengan telur goreng. Photo : Net/Ist.

Mengonsumsi telur rebus ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, dibandingkan dengan telur goreng. Cara pengolahan telur menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda untuk tubuh.

Merebus adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat telur yang optimal. Karena, telur rebus merupakan hasil pematangan yang tidak terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya, seperti halnya minyak jika mengolah telur dengan cara digoreng.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (05/08/2019), berikut ini sederet manfaat yang didapat bagi kesehatan dari mengonsumsi telur rebus.

Mengandung Vitamin, Mineral dan Bergizi Tinggi

Telur mengandung protein, vitamin, kalsium, karbohidrat, kolin, fosfor, serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Konsumsi telur rebus sebagai menu sarapan akan melengkapi pemenuhan nutrisi harian kamu.

Baik untuk Kinerja Otak

Telur sangat baik untuk fungsi dan kinerja otak. Telur rebus mengandung kolin, nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, serta kesehatan katdiovaskular. Kandungan kolin dalam telur yang direbus akan menjaga struktur otak serta membantu menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot.

Bagi ibu hamil tentunya perlu nutrisi yang cukup untuk dua tubuh, yaitu dirinya sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Protein dan omega 3 yang terdapat pada telur sangat bagus buat perkembangan otak bayi.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Vitamin D yang terkandung dalam telur rebus bisa membuat tulang dan gigi kuat. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalisum dalam darah.

Proses tersebut memastikan jika kerangka tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Setiap hari tubuh kita butuhkan 600 unit vitamin. Dalam satu butir telur rebus terkandung 45 unit vitamin D.

Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Kandungan kolin dalam telur rebus sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Dengan diperbaikinya sel-sel tubuh maka kesehatan tubuh kamu pun akan terjaga secara baik.

Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Telur rebus menghasilkan lemak baik, yakni lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak ini bisa menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak baik tersebut juga mengatur insulin dalam darah dengan batas yang sehat, terutama pada orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2.

Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Seperti diketahui bahwa omega 3 sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat, dan telur mengandung omega 3 yang juga bisa menjadi pilihan menu makanan supaya terhindar dari kolesterol jahat.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat penting lainnya dari mengonsumsi telur rebus adalah untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B12 yang terkandung dalam telur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang berjalan baik, maka berat badan juga akan terjaga. Untuk itu, telur rebus cocok menjadi menu makanan kamu saat diet.

Cegah Anemia

Dengan rutin makan telur rebus, maka kamu tak perlu lagi merisaukan penyakit kurang darah atau anemia. Kurang darah atau anemia membuat penderitanya letih, lemah, dan lesu, hal ini dapat dicegah sejak dini dengan cara konsumsi telur rebus.

Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan zat karotenoid dalam telur rebus akan menjaga kesehatan mata serta menghindarkan dari masalah mata rabun.

Kaya akan Antioksidan

Zat antioksidan diperlukan tubuh guna menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit dan penuaan dini. Telur rebus memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Mengoptimalkan Produksi Hormon dan Enzim

Hormon dan enzim diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan sehingga kesehatannya bisa tetap terjaga. Rutin makan telur rebus membuat tubuh mampu mengoptimalkan produksi hormon dan enzim.

Turunkan Risiko Mengalami Alzheimer

Penyakit alzheimer biasanya menyerang orang lanjut usia (lansia). Tanda yang paling jelas dari penyakit ini ialah penderitanya akan mengalami penurunan daya ingat serta menurunnya kemampuan berpikir.

Kehilangan daya ingat tentu saja tidak ingin dialami oleh setiap orang lantaran kenangan juga merupakan hal yang berharga yang kita miliki. Jadi, mulai dari sekarang cegah alzheimer dengan rutin makan telur rebus.

Perut Kenyang Lebih Lama

Buat kamu yang sedang menjalani diet bisa mengonsumsi telur rebus karena mampu membuat perut kenyang lebih lama. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...