Jumat, November 26, 2021
BerandaBerita TerbaruTidur Tanpa Bantal Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Tidur Tanpa Bantal Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Tidur tanpa bantal menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sehingga berdampak baik pula bagi kesehatan karena bisa memulihkan stamina tubuh setelah seharian beraktivitas.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (26/08/2019, penelitian membuktikan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika tidur tanpa bantal.

Mungkin tidur dengan bantal perlu, bahkan sebuah kewajiban bagi banyak orang. Namun, tak sedikit pula orang yang tidur menggunakan bantal justru malah merasakan sakit punggung dan leher setelah bangun pada pagi harinya.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran mengenai hal tersebut, tetapi tidur tanpa bantal bisa mengembalikan posisi tubuh yang salah. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapat jika tidur tanpa bantal.

Mencegah Sakit Leher

Sumber utama sakit pundak dan leher adalah tidur menggunakan bantal. Metode terbaik untuk menghilangkan rasa sakit tersebut yaitu dengan cara tidur tanpa menggunakan bantal.

Namun, harus hati-hati karena tidur tidak pakai bantal pun dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakannya.

Sedangkan, bagi orang yang belum terbiasa tidur tidak memakai bantal dianjurkan secara bertahap mengurangi ketebalan bantal.

Mencegah Sakit Punggung

Tidur tidak menggunakan bantal sambil telentang akan memungkinkan kamu untuk beristirahat secara alami.

Sedangkan, jika tidur menggunakan bantal tebal justru akan menyebabkan sakit tulang belakang dan nyeri punggung.

Ketika tidur menggunakan bantal tebal, maka otor-otot leher akan tertarik, bahkan bisa menurunkan aliran darah ke kepala.

Hal itulah yang bisa menyebabkan saat bangun pagi hari badan bukannya makin segar, tapi malah terasa sakit kepala atau pusing.

Mencegah Jerawat

Tanpa disadari mungkin kamu sering lupa mengganti sarung bantal, sehingga bisa jadi debu, bekas kosmetik, atau obat jerawat ada yang menempel di permukaannya lalu menempel lagi di wajah, sehingga menjadi bibit jerawat yang bisa merusak kulit Anda.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kalau ingin tidur berkualitas maka disarankan untuk menyingkirkan bantal karena dapat menghambat tidur kamu.

Tidur tidak memakai bantal akan membuat kualitas tidur yang baik, sebab posisi tubuh berada pada tingkat alami dan normal.

Biasanya orang yang tidur dengan bantal yang besar cenderung lebih sering terbangun. Akibatnya mereka tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dengan menyingkirkan bantal serta membiarkan tubuh terlentang secara alami, maka kualitas tidur pun biasanya jadi membaik.

Menurut beberapa penelitian medis, tidur tanpa bantal bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan rileks tanpa adanya beban.

Kondisi tersebut akan menghindarkan kamu dari banyak hal buruk, seperti mimpi buruk, terbangun di tengah malam, insomnia dan pegal-pegal saat bangun tidur. Ketika bangun pada pagi harinya, tubuh akan terasa lebih segar dan fit.

Mencegah Stres

Posisi tidur yang salah juga bisa memicu stres. Mungkin kamu akan mengalami depresi karena terjaga dan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Akibatnya kamu stres sendiri. Karena itu, kamu harus mencoba dan tidur tanpa bantal supaya bisa tidur dengan nyenyak.

Meningkatkan Daya Ingat

Saat terjaga, otak akan sibuk memikirkan berbagai hal. Namun ketika tidur, otak pun istirahat dan ini dapat meningkatkan memori saat sudah bangun.

Tapi, jika tidur dalam posisi yang tidak nyaman, maka kamu gagal meningkatkan daya ingat. Sedangkan, jika tidur kamu nyenyak, proses berpikir akan bekerja dengan baik, hal ini terkait dengan kekuatan memori.

Dengan demikian, manfaat tidur tanpa bantal juga bisa membuat tidur jadi nyenyak, sekaligus dapat meningkatkan daya ingat kamu.

Terlihat Awet Muda

Tidur terlentang tanpa bantal akan mengurangi keriput di wajah. Karena, ketika wajah menempel pada bantal, kulit wajah tidak bisa berkeringat dan bernapas.

Tidur tanpa bantal bisa membuat wajah tetap awet muda karena saat tidur menggunakan bantal, kebanyakan orang sering lupa mengganti sarung bantal.

Sehingga tanpa disadari telah banyak kuman dan bakteri yang menempel di permukaan bantal yang membuat kulit menjadi tidak sehat.

Mencegah Penyakit

Tidur yang cukup akan membuat tubuh memproduksi melatonin dan kortisol tetap stabil. Manfaat kortisol sendiri bisa membantu tubuh melawan sel-sel kanker jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Itulah sebabnya mengapa tidur nyenyak tanpa menggunakan bantal dapat membantu mencegah banyak penyakit.

Mengurangi Alergi

Tak sedikit orang yang memiliki alergi debu, dan kebiasaan tidur di atas sarung bantal yang tidak diganti secara teratur bisa memperburuk alergi.

Debu, kotoran, bakteri, dan hal-hal lainnya cenderung mengendap dan masuk ke dalam bantal seiring waktu.

Saat bersentuhan dengan wajah dan menghirup debu, maka hal ini bisa memperburuk alergi. Jadi, manfaat tidur tanpa bantal lebih sedikit peluang mengalami alergi.

Meningkatkan Energy

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa tidur tanpa bantal mampu meningkatkan energi? Memang dampaknya tidak akan langsung, tapi benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan energy.

Karena, setelah tidur tidak pakai bantal, kamu tidak akan lagi mengalami sakit punggung dan leher. Tubuh akan benar-benar istirahat dan kamu akan tidur lebih nyenyak.

Kualitas tidur dan istirahat yang cukup, sehingga ketika kamu bangun tubuhmu akan terasa segar dan berenergi. Jadi pada intinya, tidur nyenyak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Fungsi bantal memang pada dasarnya dapat menopang kepala saat tidur dan menjaga leher sejajar dengan tulang belakang, serta bisa membantu mengurangi dengkuran.

Selain itu, bantal juga memiliki tujuan berbeda supaya bisa tidur menyamping dan terlentang.

Jika belum terbiasa bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kamu bisa mengurangi ketinggian bantal dari hari ke hari sesuai dengan kenyamanan.

Namun, jika tidur kamu tidak nyenyak saat menggunakan bantai atau tanpa bantal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mandapatkan solusi tidur nyenyak.

Kalau kamu sudah terbiasa tidur tanpa bantal, maka kamu harus melakukan transisi dengan perlahan untuk tidur tanpa menggunakan bantal. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru