Mang Saswi Tampil Bersama Mabokuy Rajadesa di Ciamis

Mabokuy Rajadesa
Mang Saswi dan robot Mabokuy Rajadesa di acara pemberdayaan pemuda di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (5/8/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sasongko Widjanarko atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mang Saswi hadir dalam acara pemberdayaan pemuda di Desa Sukakerta, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Minggu (04/08/2019).

Mang Saswi yang hadir bersama Budi Cilok ini menghibur penonton bersama robot Mabokuy. Robot Mabokuy merupakan salah satu karya seni yang dikembangkan para pengrajin anyaman bambu di Desa Purwaraja, Kecamatan Rajadesa.

Mabokuy sendiri merupakan akronim dari Manusia Boboko dan Dudukuy. Pengrajin yang tadinya menganyam bambu untuk membuat peralatan rumah tangga, kemudian menciptakan robot Mabokuy ini.

Baca juga: Pengrajin Anyaman Bambu dari Rajadesa Ciamis Ini Ciptakan Robot ‘Mabokuy’

Fitra Bahari, ketua panitia mengatakan, hadirnya Budi cilok dan Mang Saswi merupakan undangan para pemuda Desa Sukakerta dalam rangka pemberdayaan pemuda melalui kecintaan terhadap seni budaya lokal.

“Dalam acara ini pun, kesenian Mabokuy dari Kecamatan Rajadesa juga kami undang untuk mengisi acara hiburan  seni tradisi. Selain kehadiran Mang Saswi dan Budi Cilok,” ujar Fitra kepada HR Online, Senin (5/8/2019).

Seni Mabokuy Rajadesa ini diundang secara khusus untuk tampil mengiringi musik ketika Budi Cilok dan Mang Saswi bernyanyi.

“Baik Budi Cilok maupun Mang Saswi, para pemuda di sini juga masyarakat pada umumnya hanya terbiasa nonton di acara Televisi saja, dalam acara ini masyarakat yang hadir bisa menyaksikan secara langsung dan lebih dekat idolanya itu,” terang Fitra.

Terlebih, para penonton juga bisa mendengarkan alunan lagu yang dibawakan Mang Saswi dan Budi Cilok.  

“Banyak penonton yang bilang suaranya mirip suara Iwan Fals,” kata Fitra.

Sementara, robot Mabokuy yang tampil mengiringi Mang Saswi juga menarik perhatian banyak pengunjung. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang mengabadikannya dengan berfoto bersama.

“Bukan cuma Mang Saswi-nya saja yang menarik perhatian, tapi kehadiran robot Mabokuy ini juga banyak yang ingin foto bersama, memang sengaja mengundang secara khusus kesenian Mabokuy ini dan mendatangkannya langsung dari Rajadesa untuk menghibur dan juga mengenalkan kesenian Mabokuy pada masyarakat di sini,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...