Melalui Program Ini, SMKN 2 Ciamis Berangkatkan 20 Siswanya ke Jepang

Sebanyak 20 alumni siswa dari SMKN 2 Ciamis serta beberapa dari sekolah lainnya di Ciamis yang mengikuti program kerja ke luar negeri melalui program Goes to Japan. Photo : Fahmi Albartiansyah/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Melalui program Goes to Japan, SMKN 2 Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memberangkatkan sejumlah siswanya ke Negeri Sakura, Jepang, bekerjasama dengan lembaga Indonesia Japan Business Forum (IJBF), Rabu (14/08/2019).

Diketahui SMKN 2 Ciamis mengandeng beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis untuk mengikuti program bekerja di luar negeri.

Sebanyak 20 alumni siswa dari SMKN 2 Ciamis serta beberapa dari sekolah lainnya di Ciamis yang mengikuti program kerja ke luar negeri melalui program Goes to Japan.

Kepala SMKN 2 Ciamis, Asep Agus, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan IJBF dan LPPM UPI untuk membantu para alumni bekerja di Jepang. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pihak sekolah agar lulusan SMKN 2 Ciamis yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, bisa bekerja.

“Untuk program ini baru pertama, dan alhamdulillah disambut baik oleh SMA, SMK yang ada di Kabupaten Ciamis, maupun lulusan perguruan tinggi,” kata Asep, kepada HR Online, Rabu (14/08/2019).

Pada kesempata itu, Kasi. Pengawasan KCD 13 Dinas Pendidikan Prov. Jabar, Hendra, mengaku pihaknya sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh SMKN 2 Ciamis. Hal itu menjadi point sangat luar biasa dalam penyaluran tenaga kerja.

“Saya mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sangat berbahagia atas sekian orang yang ikut bekerja ke negara Jepang. Setidaknya dapat memperbaiki kehidupan mereka setelah lulus sekolah,” ujarnya.

Menurut Hendra, program Goes to Japan dinilai sangat bagus dan akan mendorong program kerja ke luar negeri. Hanya saja baru berapa sekolah saja yang ikut program tersebut.

“Semoga saja tiap tahunnya bisa berkembang dan lebih banyak lagi, terutama di wilayah KCD 13,” harap Hendra. (Fahmi/R3/HR-Online)

Loading...
Loading...