Minuman Segar Air Nira Banyak Dijumpai di Langkaplancar Pangandaran

Minuman segar air nira banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Photo : Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Minuman segar air nira banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang merupakan daerah penghasil gula aren.

Air nira pada umumnya digunakan sebagai bahan untuk membuat gula, namun tak sedikit yang mengonsumsinya secara langsung karena rasanya yang manis. Agar rasanya lebih terasa lebih segar, sebaiknya ditambah dengan campuran es batu.

Selain itu, air nira juga sering digunakan sebagai jamuan untuk tamu kehormatan yang datang ke wilayah Kecamatan Langkaplancar. Meski begitu, masyarakat Langkaplancar sendiri kurang menyukai minuman segar air nira.

Seperti dikatakan Muksidin, salah seorang pengrajin gula aren di Langkaplancar, kepada HR Online, Rabu (21/08/2019).

“Air yang rasanya manis itu sangat baik jika dikonsumsi secara rutin, dan sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Air yang diambil dari pohon nira itu juga sering digunakan sebagai obat alami menjaga kesehatan tubuh,” ujarnya.

Air nira mempunyai banyak manfaat, diantaranya untuk menggemukan badan, sembelit, sakit perut, demam, menjaga kesehatan tulang dan melancarkan ASI (Air Susu Ibu). Minuman segar air nira juga bisa dijadikan gula, permen, tuak, dan sebagainya. (Cenk/R3/HR-Online)